Senator: UU Pemilu Polemik Bagi Aceh

BLANGPIDIE, ACEH – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sudirman mengungkapkan, Rancangan Undang-Undang (UU) Pemilu yang baru disahkan oleh Pemerintah dan DPR RI bakal menjadi polemik bagi rakyat Aceh sebagai daerah khusus.

“Walaupun DPD RI tidak dilibatkan dalam pengesahan UU baru itu, namun kita sangat menyesalkan dicabutnya beberapa pasal Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) dalam UU Pemilu 2017,” ujar Sudirman di Blangpidie, Selasa (25/7).

Senator asal Aceh itu menyampaikan pernyataan tersebut terkait pencabutan dan dinyatakan tidak berlaku lagi pasal 57 dan pasal 60 ayat (1) ayat (2) dan ayat (4) UU Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh dalam UU Pemilu yang disahkan oleh DPR RI, Jumat (21/7).

Sudirman yang akrab dipanggil Haji Uma mengaku telah mengajukan surat kepada Ketua DPD RI untuk bersikap dan memperjuangkan pembatalan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku beberapa pasal dalam UUPA dalam pengesahan UU Pemilu baru itu.

“Dalam surat Nomor 12/10.1/B-03/VII 2017 tertanggal 23 Juli yang saya sampaikan, akibat dicabutnya beberapa pasal dalam pengkreditan UUPA telah menjadi permasalahan bagi rakyat Aceh sebagai daerah khusus,” tuturnya.

Seharusnya, sebagaimana diatur dalam pasal 8 ayat 2 UU Nomor 11 Tentang Pemerintah Aceh, bahwa rencana pembentukan UU baru oleh DPR RI terutama khusus yang berkaitan dengan Provinsi Aceh harus dilakukan konsultasi dahulu dengan DPR Aceh .

“Mereka terkesan sudah sewena-wena mencabut pasal UUPA. Seharusnya DPR RI menghormati kekhususan Aceh sebagaimana diatur dalam pasal 8 UUPA,” tegas Sudirman.

ia mengatakan, surat yang dikirim kepada Ketua DPD RI untuk bersikap karena kekhawatiran ke depan upaya pengkredilan Undang-Undang Pemerintah Aceh terus terjadi.

“Untuk diketahui, pasal 57 UUPA mengatur tentang Komisi Independen Pemilihan (KIP), sedangkan pasal 60 mengatur tentang Panitia Pengawas Pemilihan atau disebut Panwaslih,” imbuh Sudirman. (HA)

Sumber:Antara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Nasionalisme Kita: Rizal Ramli, Tak berkompromi Dengan Urusan Harga Diri Bangsa

Saat ini Rizal mempersoalkan isu Freeport, kenapa kita beli? kan itu punya kita sendiri setelah berakhir kontrak dua tahun lagi? Lalu orang-orang yang tidak suka pikiran Rizal atau merasa professor pintar atau merasa Rizal oposisi yang iri sama Jokowi, mengolok-olok Rizal sebagai goblok atau pengkhianat atau iri dan dengki atau tidak faham, dan lain sebagainya.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy