Sejumlah Negara Siap Pantau Pilkada Serentak Banten

0
18
Pilkada-2018
Pilkada Serentak 2018 (ilustrasi)

BANTEN, SERUJI.CO.ID – Sudah ada sekitar 12 negara yang menyatakan kesiapannya akan mengirimkan delegasinya untuk memantau proses Pilkada serentak di sejumlah daerah Banten pada 27 Juni mendatang.

Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi di Serang, Sabtu (2/6) mengatakan, Pilkada serentak di Banten akan menjadi salah satu objek pemantauan lembaga Internasional. Seperti tahun 2015 lalu, pilkada serentak di Banten juga menjadi perhatian para pemantau internasional diantaranya saat itu delegasi dari Mesir berkunjung ke Kota Tangerang Selatan yang sedang pilkada.

“Banten jadi tempat penelitian lembaga Internasional. Pada Pilkada tahun ini yang jadi lokasi pemantauan yakni Kota Serang dan Kota Tangerang,” kata Didih.

Menurutnya, pemantauan lembaga luar negeri dalam pilkada saat ini tidak bisa dihindari, apalagi di era globalisasi. Sebab di banyak negara lain, penyelenggara pemilu itu masih menjadi bagian dari pemerintah dan pemilu menjadi sumber konflik.

“Di banyak negara pemilu menjadi sumber konflik, Indonesia termasuk negara contoh karena dalam proses peralihan kekuasaan tidak menimbulkan konflik, ” kata Didih.

Menurutnya, sejumlah lokasi yang akan dijadikan percontohan dalam pemungutan suara misalnya di Lembaga Pemasyarakatan (LP) dan Rumah Sakit (RS). Ada 10 lokasi TPS di masing-masing kabupaten/kota yang akan menjadi lokasi pemantauan yakni di Kota Serang dan Kota Tangerang.

Adapun sejumlah negara yang sudah konfirmasi untuk mengirimkan delegasi pemantau pemilu yakni, Australia, Nepal, Maldives, Bangladesh, Swiss, Kamboja, Timor Leste, India, Thailand dan Laos.

“Ini semua perlu kesiapan semua penyelenggara karena kita akan kedatangan tamu,” kata Didih.

Sementara terkait pemantauan aktivitas parpol atau bakal calon anggota legislatif dan calon kepala daerah selama Ramadhan, Bawaslu melakukan pemantauan secara intensif baik siang maupun malam dengan menertibkan sejumlah spanduk, baliho ucapan Ramadhan yang mengarah pada kampanye.

“Bawaslu tidak melarang orang berbuat baik, bersedekah untuk meningkatkan ibadah. Tapi kalau mau mengasih sedekah silahkan titipkan ke lembaga formal, jangan sampai ada indikasi kampanye. Kalaupun ada ucapan Ramadhan silahkan asal tidak cantumkan parpol,” kata Didih.

Pihaknya mengajak semua pihak untuk saling menghormati bulan Ramadhan dengan menjaga kesuciannya serta menghindari perbuatan-perbuatan yang akan merusak kesucian Ramadhan seperti menyebarkan berita-berita hoaks,ujaran kebencian dan adu domba. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Sohibul Iman - Sudirman Said

Sudirman: 27 Juni Akan Muncul Pemimpin Baru Yang Bekerja Keras untuk Rakyat

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur nomor urut dua dalam Pilgub Jateng 2018, Sudirman Said, optimis akan lahir pemimpin baru di Jawa Tengah usai pencoblosan...
habib rizieq shihab

Miliki Pengaruh Besar, Tempatkan Habib Rizieq Sebagai Pemimpin Umat Saat Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengungkapkan bahwa pengaruh Habib Rizieq Shihab sangat diperhitungkan jelang pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Hal itu,...

Terkait SP3 Kasus Habib Rizieq, Jokowi: Tidak Ada Intervensi Pemerintah

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menegaskan bahwa tidak ada intervensi pemerintah dalam penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus dugaan "chat" berkonten pornografi yang melibatkan...

Kemendagri Dukung Ketegasan Kapolri Menjaga Netralitas Polri di Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri menyatakan mendukung ketegasan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam menjaga netralitas Pilkada di Maluku. "Tentu kami 'respect' dan mendukung atas...

Bantah Karena Ketidaknetralan, Polri Enggan Jelaskan Alasan Mutasi Wakapolda Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membantah mutasi jabatan Brigjen Pol Hasanuddin sebagai Wakapolda Maluku akibat ketidaknetralan Hasanuddin dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan...