Tim Pemenangan Rano-Embay Tuntut Pemungutan Suara Ulang di Kota Tangerang

TANGERANG – Berdasarkan penghitungan cepat KPU Banten yang dirilis website KPU RI, Wahidin Halim – Andika Hazrumy unggul tipis atas Rano Karno – Embay Mulya Syarief. Meski itu bukan hasil resmi, Tim Pemenangan Rano-Embay menuntut Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kota Tangerang. Itu karena ada kecurangan dalam bentuk Surat Keterangan palsu pengganti e-KTP, penambahan surat suara palsu, dan penggelembungan suara.

“Bukti-bukti sudah kami kumpulkan. Pendapat kami, telah memenuhi unsur terstruktur, sistematis, dan masif. Kemungkinan kami lakukan legal action penolakan berita acara penghitungan suara di Kota Tangerang,” ujar Ahmad Basarah, Ketua Tim Pemenangan Rano-Embay di Tangerang, Jumat (17/2).

Basarah menambahkan, pihaknya mengaku Rano-Embay hanya kalah di Kota Tangerang dan Kabupaten Serang. Tetapi jumlah suara kekalahan di Kota Tangerang yang spektakuler menjadi penyebab kekalahan Rano-Embay secara keseluruhan dalam Pilgub Banten 2017.

Sirra Prayuna, Tim Kuasa Hukum Rano-Embay, akan membawa masalah ini ke Bawaslu. “Ribuan bukti pelanggaran kami temukan. Kami menemukan Surat Keterangan palsu, angka kejanggalan jumlah pemilih, undangan atau C6 palsu, C1 palsu, dan penggelembungan suara.”

Berdasarkan penghitungan cepat KPU Banten yang dirilis website resmi KPU RI, WH – Andika mendapat 50,92% dan Rano–Embay 49,08 suara. Hingga berita ini diturunkan, suara masuk 99,79% TPS. Rano-Embay unggul di Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangsel, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Tangerang. WH-Andika unggul mutlak di Kota Tangerang dan Kabupaten Serang.

Kadisdukcapil Kota Tangerang, Erlan Rusnarlan membantah adanya Surat Keterangan yang dikeluarkan untuk kepentingan Pilgub. Dirinya menepis anggapan Surat Keterangan tidak untuk kepentingan Pilgub, melainkan juga pengganti e-KTP warga yang belum keluar setelah perekaman akibat kosongnya blanko.

Sementara itu, direncanakan PSU pada Minggu (19/2) di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, dengan jumlah suara 7000-an. Ini akibat ditemukannya kotak suara 15 TPS tidak terkunci KPPS saat diserahkan dengan alasan takut kehujanan. “Waktu diserahkan, kotak suaranya tidak terkunci. Itu pelanggaran,” ungkap Zaki Fuadi, Panwaslu Kabupaten Tangerang.

KPU Kabupaten Tangerang memilih Miuggu dengan alasan hari libur. “Kami akan usahakan PSU dilakukan Minggu. PSU dilakukan pada hari libur supaya masyarakat lebih antusias menggunakan hak pilihnya,” ujar Ali Zaenal Abidin.

EDITOR: Omar Ballaz

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.