Pengamat: Plt Gubernur dari Polri Kurang Tepat

0
68
Ilustrasi

BANDUNG, SERUJI.CO.ID –┬áPengamat ilmu politik dan pemerintahan dari Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Asep Warlan Yusuf menilai rencana perwira tinggi Kepolisian RI menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jawa Barat saat pelaksanaan pilkada, kurang tepat.

“Saya kira (rencana Plt Gubernur Jawa Barat dari Polri) itu kurang tepat, tidak lazim, mestinya plt itu diisi oleh orang yang berpengalaman dari pemda dan paham akan roda pemerintahan daerah,” kata Asep ketika dihubungi melalui telepon di Bandung, Jumat (26/1).

Ia menyarankan Kementerian Dalam Negeri mengkaji ulang rencana tersebut dan lebih baik memilih orang yang paham dan mengerti akan roda pemerintahan daerah.

“Hemat saya, tidak boleh mengeyampingkan regulasi seperti itu. Oleh karena itu dikaji ulang, ditelaah kembali kebutuhan daerah, karena kalau dari kepolisian, apa urgensinya,” kata dia.

Kalau urgensi utama ditunjuknya perwira tinggi dari kepolisian sebagai Plt Gubernur Jawa Barat karena alasan keamanan, kata Asep, hal tersebut juga kurang tepat atau tidak relevan.

“Kalau urgensinya hanya sekedar keamanan, masalah pilkada itu urusannya polda bukan urusan di kepala daerah. Jadi aneh saja kalau hanya demi faktor keamanan kemudian ditempatkan di kepolisian,” katanya.

Menurut dia, jika alasan Kemendagri karena keterbatasan SDM maka bisa ditunjuk Sekda Jawa Barat untuk menjadi plt gubernur.

“Kalau Kemendagri punya stok terbatas untuk plt gubernur kan bisa Sekda (Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa) untuk Jawa Barat, jabatan sekda-nya tidak berhenti karena itu eselon I. Masih ada stok, tidak usah dari kepolisian,” kata dia.

Menurut Asep, sosok sekda akan jauh lebih memahami permasalahan pemerintahan di Provinsi Jawa Barat jika ditunjuk sebagai Plt dibandingkan dengan seorang perwira tinggi Polri.

Dia menuturkan jika Kemendagri tetap “keukeuh” (ngotot) menjadi perwira tinggi Polri menjadi Plt Gubernur di Provinsi Jawa Barat maka dirinya khawatir roda pemerintahan tidak akan berjalan maksimal.

“Kasihan kepolisian nanti, takutnya ketika ada masalah banyak seperti masalah anggaran, pelaksanaan aturan, kepegawaian, itu kan hal-hal rumit,” kata dia.

Sebelumnya dua perwira tinggi Polri akan ditunjuk menjadi Plt Gubernur di dua provinsi yakni Jabar dan Sumut.

“Bapak Wakapolri menyampaikan bahwa ada dua perwira tinggi Polri yang dipercaya untuk memimpin sementara dua provinsi yakni Jawa Barat dan Sumatera Utara,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, Kamis (25/1).

Dua pati itu adalah Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol M Iriawan dan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Martuani Sormin.

Iriawan rencananya akan ditunjuk sebagai Plt Gubernur Jawa Barat menggantikan Ahmad Heryawan. Sementara Martuani bakal ditunjuk sebagai Plt Gubernur Sumatera Utara menggantikan Tengku Erry Nuradi.

Namun demikian, penunjukkan ini masih menunggu surat resmi dari Menteri Dalam Negeri. (Ant/SU05)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...