Pendaftaran LHKPN Paslon Kepala Daerah Ditutup Jumat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áKomisi Pemberantasan Korupsi mengingatkan seluruh calon kepala daerah agar segera melaporkan harta kekayaan (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) karena masa pendaftarannya akan ditutup pada Jumat (19/1).

“Besok, 19 Januari 2018 adalah hari terakhir pelaporan harta kekayaan ke KPK. Kami akan menunggu sampai jam kerja berakhir, kami siapkan 10 meja pelayanan untuk pelapor yang datang langsung. Selain itu, pelaporan secara ‘online’ masih terbuka melalui e-lhkpn,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis (18/1).

Ia mengungkapkan bahwa sampai saat ini telah 972 calon kepala daerah yang melaporkan kekayaannya ke KPK.

“Mengacu ke data KPU yang mencantumkan ada 575 pasangan calon atau 1.150 orang, maka masih cukup banyak yang calon kepala daerah yang belum laporkan kekayaan ke KPK,” ucap Febri.

Menurut dia, data pelaporan terbanyak yang sudah disampaikan KPK dari para calon kepala daerah di Jawa Barat sebanyak 98 orang, Jawa Timur 78 orang, dan Nusa Tenggara Timur 74 orang.

Febri menyatakan bahwa masyarakat dapat melihat informasi kekayaan calon pemimpinnya melalui laman resmi KPK “Pantau Pilkada” di http://kpk.go.id/id/pantau-pilkada-indonesia.

KPK mengimbau kembali pada masyarakat agar memilih calon pemimpin yang mempunyai konsep kuat menyejahterakan masyarakat dengan komitmen antikorupsi.

“Agar ke depan kepala daerah terpilih tidak justru mengkhianati amanat dari pemilihnya dan kemudian diproses dalam kasus korupsi. KPK telah memproses sekitar 78 kepala daerah dalam 93 kasus korupsi dan pencucian uang. Hal ini diharapkan menjadi pelajaran bersama,” ungkap Febri.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengingatkan pasangan calon kepala daerah dan partai politik menjauhi praktik politik uang menjelang Pilkada 2018.

“Biaya politik juga perlu menjadi perhatian serius seperti mahar politik ataupun menggunakan uang untuk memengaruhi pemilih karena hal ini cenderung akan mengantarkan kepala daerah terpilih nantinya pada risiko korupsi yang sangat tinggi saat menjabat,” kata Laode di gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/1).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik Yang Manusiawi

Pertanyaannya mengapa hasil Islamicity Index berdasarkan arahan kitab suci Alquran hasilnya tak banyak beda dengan World Happiness Index. Pada dasarnya nilai terbaik dari agama Islam, sebagaimana agama lain, jika diuniversalkan, itu sama dengan aneka nilai manusiawi yang dirumuskan oleh peradaban mutakhir. Nilai yang Islami itu ternyata juga nilai yang manusiawi. Itulah ruang publik yang universal yang bisa dinikmati semua manusia, apapun agama dan keyakinannya.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy