Pasangan JS-JL Sesalkan Adanya Penundaan Tahapan Pendaftaran

0
49
Ilustrasi kursi jabatan pilkada
Ilustrasi pilkada

MINAHASA, SERUJI.CO.ID – Kubu pasangan Calon Bupati James Sumendap dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Jesaja Legi mengaku menyesalkan terjadinya penundaan tahapan pendaftaran yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Kami dari kubu pasangan calon bupati James Sumendap dan calon wakil bupati Jesaja Legi menyesalkan terjadinya penundaan di saat sudah dalam persiapan calon kami melakukan pemeriksaan kesehatan,” kata Anggota Tim Pemenangan JS-JL Semuel Montolalu di Ratahan, Jumat (12/1).

Menurut Semuel, jika akan dilakukan penundaan untuk tahapan pendaftaraan khususnya untuk pemeriksaan kesehatan disampaikan sebelum pasangan calon melakukan persiapan.

“Seperti ini pasangan kami baru disampaikan malam hari kemarin, dimana saat itu calon kami sudah melakukan persiapan fisik dan mental untuk melakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Semuel, pihaknya tidak mempersoalkan terjadinya perpanjangan pendaftaran yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Terkait perpanjangan pendaftaran pihak kami tidak mempersoalkan, hanya saja soal penundaan ini calon kami merasa dirugikan karena tertunda pemeriksaan kesehatannya,” katanya.

Sementara itu Komisioner KPU Kabupaten Minahasa Tenggara Fanny Wurangian mengungkapkan, pihaknya telah menyampaikan penundaan tahapan, program, dan jadwal pendaftaran ke pasangan calon setelah pihaknya melakukan pleno.

“Keputusan yang kami ambil tentunya harus dikaji secara mendalam berdasarkan aturan, sehingga berdasakan PKPU 14 Tahun 2015 sebelum melakukan tahapan perpanjangan pendaftaran harus melakukan penundaan tahapan berdasarkan pleno dan telah disampaikan kepada pihak calon,” katanya.

Dia menambahkan adanya perpanjangan pendaftaran tersebut dikarenakan, sampai batas akhir pendaftaran calon pada tanggal 8-10 Januari hanya satu pasangan calon yang mendaftar.

“Perpanjangan ini berdasarkan surat edaran KPU RI terkait dengan pelaksanaan perpanjangan pendaftaran karena hanya satu pasangan calon yang mendaftar,” tandasnya. (Ant/SU03)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU