Partisipasi Pemilih di Surabaya Meningkat

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menyebutkan tingkat partisipasi pemilih Surabaya dalam Pilkada Jatim 2018 meningkat jika dibandingkan dengan Pilkada Surabaya 2015.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi, di Surabaya, Jumat (29/6), mengatakan entri data formulir C1 pada masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah masuk dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) hingga saat ini sudah mencapai 99,88 persen atau 4.279 dari 4.284 TPS.

“Artinya tingkat partisipasinya sudah mencapai 58,21 persen. Ini lebih tinggi dari tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Surabaya 2015 hanya 51,8 persen,” katanya lagi.

Menurut dia, ada beberapa hal yang menyebabkan tingkat partisipasi meningkat yakni karena respons pemilih, kerja keras dari para penyelangara pemilu, pasangan calon kepala daerah dan partai pendukung pasangan calon.

“Saya kira itu menyebakan kenaikan partisipasi,” katanya pula.

Meski demikian, lanjut dia, pihaknya tetap menunggu hasil resmi rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan secara manual di KPU Surabaya.

Hal ini, lanjut dia, dikarenakan situng bukan tahapan yang ditetapkan KPU, melainkan hanya sebatas memberikan informasi kepada publik tentang hasil perolehan suara dari kepala daerah yang dipilihnya secara cepat.

“Soal hasil resminya melalui mekanisme berjenjang yang hari ini dimulai rekapitulasi di tingkat kecamatan sampai 4 Juli dan 4-6 Juli akan dilakukan rekapitulasi di tingkat kota, selanjutnya di tingkat provinsi dan akhirnya ditetapkan siapa pemenang Pilkada Jatim,” katanya lagi.

Nur Syamsi berharap tingkat partisipasi tersebut dapat kembali naik dalam Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Al Ghazali dan Dendam Anak-Anak Revolusi

Di masa Orde Baru adalah anak-anak yang bapak/ibunya dibunuh atau dipenjarakan Suharto. Di masa ini mereka adalah anak-anak yang bapaknya dipenjarakan Jokowi karena berbeda pandangan politik.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER