Meriahkan Pengundian Nomor Urut, KPU Kaltim Gunakan Konsep Budaya Nusantara

0
53
KPU
Komisi Pemilihan Umum.

SAMARINDA, SERUJI.CO.ID –┬áKomisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Timur menampilkan konsep Budaya Nusantara untuk memeriahkan acara pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang menjadi peserta Pilkada 2018 di Hall Hotel Mesra Samarinda, Selasa (13/2).

Pada acara rapat pleno terbuka itu, lima komisioner KPU Provinsi Kaltim kompak menggenakan pakaian adat dari sejumlah daerah. Begitu juga dengan sejumlah pasangan cagub-cawagub beserta tim pemenangannya.

Ketua KPU Kaltim Muhammad Taufik mengenakan pakaian adat Sumatera Selatan, Rudiansyah dengan pakaian adat Kesultanan Kutai, kemudian Ida Faridah pakai baju adat Minang, Samsul Hadi mengenakan baju adat Jawa, dan Viko Januardhy juga pakai baju adat Sumatera.

Dari jajaran pasangan cagub-cawagub, tampak Rusmadi Wongso memakai baju adat Bugis (Sulawesi Selatan) dan pendampingnya Safaruddin mengenakan beskap lengkap dengan blangkon khas adat Jawa.

Sementara Syaharie Jaang menonjolkan ciri khas daerah asalnya Kalimantan dengan berpakaian khas Suku Dayak, sedangkan pasangannya Awang Ferdian Hidayat memakai baju adat Kutai.

Adapun dua pasangan calon lainnya yakni Isran Noor-Hadi Mulyadi dan Andi Sofyan Hasdam-Musyirwan Ismail mengenaikan kemeja plus songkok hitam.

Menurut Komisioner KPU Kaltim Rudiansyah, konsep budaya nusantara yang diusung pada acara kali ini bertujuan mengingatkan kembali kepada semua pasangan calon bahwa masyarakat Kaltim itu sangat majemuk.

“Kami berharap semua pasangan calon bisa memelihara kemajemukan masyarakat itu secara adil dan bijaksana,” jelasnya.

Selain tema budaya nusantara, pada acara pengundian nomor urut ini juga dimunculkan sejumlah properti tradisional, mulai dari makanan dan kesenian tradisional yang cukup melekat pada rakyat jelata.

“Maksud dari semua properti itu, kita harapkan semua pasangan bisa mengenal semua golongan masyarakat, utamanya masyarakat pinggiran yang perlu diserap aspirasinya,” katanya.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Tips Makan Sehat Puasa

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID - "Puasalah agar kamu sehat", demikian salah satu hadis Rasulullah berkaitan dengan manfaat puasa bagi yang...

DPR Anggap Polisi Lakukan Pelecehan Karena Jadikan Alquran Sebagai Bukti Terorisme

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid menganggap kepolisian telah melakukan pelecehan pada ummat Islam karena tindakan menjadikan Alquran sebagai barang...

Pertamina TBBM Sei Siak kembali Resmikan Program CSR untuk Masyarakat Tanjung RHU dan Pesisir

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - PT Pertamina (Persero) Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sungai Siak meresmikan program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberdayaan masyarakat di kelurahan...

Tebarkan Semangat Kebaikan, Bahagia Bersama Yatim PKPU HI Mulai Bergulir

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Di hari kedua Ramadhan PKPU Human initiative Kaltim menyalurkan program Bahagia Bersama Yatim berupa paket bingkisan, Sebar Al-Quran dan Buka Puasa...

Bupati Malinau Hadiri Panen Padi Perdana PT. MA dan PT. BDMS

MALINAU, SERUJI.CO.ID - Bupati Malinau DR. Yansen TP menghadiri panen padi perdana di lahan pertanian yang dioleh PT. Mitrabara Adiperdana (MA) dan PT. Bara...