KPU Jatim Targetkan Partisipasi Madiun 77,5 Persen

MADIUN, SERUJI.CO.ID – KPU Jawa Timur menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2018 di Kota Madiun mencapai 77,5 persen seiring gencarnya sosialisasi yang dilakukan oleh KPU setempat.

Ketua KPU Jawa Timur Eko Sasmito di Wisma Haji Kota Madiun, Senin (16/4), menyatakan, targetnya tersebut tidak berlebihan mengingat tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 yang tercatat di KPU Kota Madiun mencapai 74 persen.

“Saya optimistis dengan kawan-kawan KPU sini. Kemarin terakhir 74 persen, kini naik, jadi tinggal upaya sosialisasiya,” ujar Eko Sasmito saat kegiatan sosialisasi pilkada oleh KPU Kota Madiun.

Menurut dia, KPU di daerah harus mampu menyadarkan masyarakat agar menyalurkan hak pilihnya dan tidak golput. Apalagi, KPU setempat telah menentukan lima segmen calon pemilihnya untuk memudahkan sosialisasi.

Adapun, lima segmen tersebut antara lain, segmen pemilih pemula, agama, perempuan, marginal dan disabilitas.

Sementara itu, Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto meminta warga Kota Madiun untuk berperan aktif dalam Pilkada 2018. Baik Pilkada Kota Madiun maupun Pilkada Jawa Timur atau Pemilihan Gubernur.

“Terlebih pada Pilkada 2018 akan memilih pemimpin Kota Madiun periode 2019-2024. Keberhasilan demokrasi dapat dilihat dari tingkat partisipasi masyarakatnya,” kata Wali Kota Sugeng.

Adapun kegiatan sosialisasi yang digelar oleh KPU Kota Madiun tersebut melibatkan peserta ketua RT dan RW seluruh Kota Madiun dan tokoh masyarakat.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh komisioner KPU setempat, panwaslu, pejabat OPD Kota Madiun dan jajarannya, camat serta lurah seluruh Kota Madiun. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Yang harus dikelola Helmy bukan hanya peralatan yang jadul, namun juga anggaran yang sangat minim. Dengan jumlah karyawan terbatas, TVRI masih harus mengelola pemancar yang berlokasi di seluruh Nusantara, bahkan di pelosok negeri yang tidak marketable seperti di Pulau Miangas atau Rote.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.