KPU Jabar Temukan Dugaan Pelanggaran PPS Kota Cirebon

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menemukan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh sejumlah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kota Cirebon dengan membuka 42 kotak suara tidak sesuai kewenangannya.

“Sebanyak 42 kotak suara di lima kelurahan di Kota Cirebon di tingkat kelurahan, kotak tersebut seharusnya diteruskan ke PPK. Jadi ini malah dibuka oleh anggota PPS,” ujar Komisioner KPU Jabar Bidang Hukum Agus Rustandi, di kantor KPU Jabar, di Bandung, Kamis (28/6).

Agus mengatakan, anggota PPS diketahui telah membuka 42 kotak suara untuk Pilgub Jabar dan Pilwalkot Cirebon yang tersegel dengan alasan untuk mengambil salinan C1 yang tak sengaja dimasukkan ke dalam kotak.

Meski beralasan, kata dia, petugas PPS tidak memiliki kewenangan untuk membuka segel kotak suara. Kotak suara seharusnya baru dibuka oleh petugas PPK.

Menurut dia, secara prosedur PPS di tingkat kelurahan hanya bersifat transit atau mengumpulkan kotak suara dari TPS-TPS, untuk kemudian dikirim ke PPK.

“Seharusnya, kotak suara tersegel kemudian berita acara penghitungan suara dibawa ke PPS langsung menyerahkan ke PPK, dibuka oleh petugas PPK. Ini dibukanya di tingkat kelurahan,” kata dia lagi.

Ia menjelaskan, adapun dokumen-dokumen yang harus ada di dalam kotak tersebut, seperti surat suara, berita acara perhitungan dan pemungutan suara, dan formulir C dan C1 berhologram. Sementara salinan C1 berada di luar untuk diberikan kepada saksi, pengawas TPS, PPL, dan PPS. “Jadi itu mungkin dimasukin atau lupa prosedurnya. Di PPS itu, kotak tidak boleh disentuh dibuka segel dan kuncinya,” katanya lagi.

Saat ini, temuan dugaan pelanggaran tersebut telah diselidiki oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cirebon. Adapun sanksi yang bisa dijatuhkan bisa administrasi maupun pidana apabila ditemukan unsur kesengajaan.

“Kan, itu bisa masuk unsur pidana, tapi kan disengaja atau tidaknya harus ditelusuri lebih lanjut oleh Panwas Kota Cirebon,” kata dia lagi. (Ant/SU01)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER