KPU Jabar Temukan Dugaan Pelanggaran PPS Kota Cirebon

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menemukan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh sejumlah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kota Cirebon dengan membuka 42 kotak suara tidak sesuai kewenangannya.

“Sebanyak 42 kotak suara di lima kelurahan di Kota Cirebon di tingkat kelurahan, kotak tersebut seharusnya diteruskan ke PPK. Jadi ini malah dibuka oleh anggota PPS,” ujar Komisioner KPU Jabar Bidang Hukum Agus Rustandi, di kantor KPU Jabar, di Bandung, Kamis (28/6).

Agus mengatakan, anggota PPS diketahui telah membuka 42 kotak suara untuk Pilgub Jabar dan Pilwalkot Cirebon yang tersegel dengan alasan untuk mengambil salinan C1 yang tak sengaja dimasukkan ke dalam kotak.

Meski beralasan, kata dia, petugas PPS tidak memiliki kewenangan untuk membuka segel kotak suara. Kotak suara seharusnya baru dibuka oleh petugas PPK.

Menurut dia, secara prosedur PPS di tingkat kelurahan hanya bersifat transit atau mengumpulkan kotak suara dari TPS-TPS, untuk kemudian dikirim ke PPK.

“Seharusnya, kotak suara tersegel kemudian berita acara penghitungan suara dibawa ke PPS langsung menyerahkan ke PPK, dibuka oleh petugas PPK. Ini dibukanya di tingkat kelurahan,” kata dia lagi.

Ia menjelaskan, adapun dokumen-dokumen yang harus ada di dalam kotak tersebut, seperti surat suara, berita acara perhitungan dan pemungutan suara, dan formulir C dan C1 berhologram. Sementara salinan C1 berada di luar untuk diberikan kepada saksi, pengawas TPS, PPL, dan PPS. “Jadi itu mungkin dimasukin atau lupa prosedurnya. Di PPS itu, kotak tidak boleh disentuh dibuka segel dan kuncinya,” katanya lagi.

Saat ini, temuan dugaan pelanggaran tersebut telah diselidiki oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cirebon. Adapun sanksi yang bisa dijatuhkan bisa administrasi maupun pidana apabila ditemukan unsur kesengajaan.

“Kan, itu bisa masuk unsur pidana, tapi kan disengaja atau tidaknya harus ditelusuri lebih lanjut oleh Panwas Kota Cirebon,” kata dia lagi. (Ant/SU01)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.