KPU Bengkulu Gelar Sosialisasi “Coklit”

Bengkulu, SERUJI.CO.ID –  Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu menggelar sosialisasi pencocokkan dan penelitian (coklit) data pemilih kepada masyarakat.

Ketua KPU Kota Bengkulu Darlnsyah di Bengkulu, Senin (15/1), menyebutkan sosialisasi digelar agar masyarakat tidak “alergi” menerima petugas pemutakhiran data pemilih atau PPDP ketika melakukan pencocokkan dan penelitian data pilih.

“Kami gelar sosialisasi pada empat persimpangan jalan utama Kota Bengkulu ketika jam-jam padat dengan membagikan selebaran, poster, dan pernak-pernik lainnya yang diharapkan dapat memberikan informasi tentang coklit kepada masyarakat,” kata dia.

Tahapan verifikasi faktual yang dilakukan dengan langsung mengunjungi rumah warga itu rencananya digelar pada 20-28 Februari 2018, manfaatnya untuk memutakhirkan data pemilih sementara (DPS) langsung ke pemilih.

Pada tahapan tersebut, KPU Kota Bengkulu mengerahkan 622 petugas dalam melakukan pencocokkan data pada 67 kelurahan yang ada di daerah itu.

“Pada coklit, kita akan memastikan jumlah pemilih setiap kelurahan, penduduk baru, telah pindah domisili, meninggal, serta bagi yang baru mendapatkan hak memilih seperti pemilih pemula dan purnawirawan TNI/Polri,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra pernah menyebutkan bahwa salah satu indikator keberhasilan demokrasi dapat dilihat dari tingginya partisipasi masyarakat pada pemilu.

“Awal dari itu semua adalah keakuratan data pemilih, bagaimana bisa partisipasi pemilih menjadi tinggi jika daftar pemilih tidak mengakomodasi masyarakat yang memiliki hak pilih,” ujarnya. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

Bela UAS, Netizen Indonesia Banjiri Akun Medsos Pejabat Singapura

SERUJI.CO.ID - Akun media sosial Presiden Singapura Halimah Yacob...

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O