KPU Bali Targetkan Partisipasi Pemilih Lebihi Nasional

DENPASAR, SERUJI.CO.ID –┬áKomisi Pemilihan Umum Provinsi Bali menargetkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2018 di daerah itu melebihi target nasional yang ditetapkan sebesar 75,5 persen.

“Kami berharap mudah-mudahan untuk wilayah Bali bisa mengikuti apa yang menjadi target nasional, dan bahkan melebihi,” kata Ketua KPU Provinsi Bali Dewa Kadek Wiarsa Raka Sandi, di Denpasar, Selasa (20/2).

Menurut dia, Bali dalam beberapa kali pelaksanaan pilkada, tingkat partisipasi pemilihnya sudah berada di atas rata-rata nasional, kecuali dalam Pilkada Buleleng yang sempat agak rendah partisipasi pemilihnya di angka 54 persen.

“Mudah-mudahan dalam pilkada serentak 27 Juni mendatang, partisipasi pemilih juga tinggi,” ucap Raka Sandi.

Di sisi lain, lanjut dia, berbagai wilayah di Bali dilihat dari aspek geografis relatif masih mudah untuk dijangkau sehingga bukan menjadi persoalan yang menghambat tercapainya partisipasi pemilih. Wilayah kepulauan hanya ada di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

“Kami di jajaran KPU dan juga Bawaslu, serta semua pihak terkait akan berupaya bagaimana agar Pilkada 2018 ini dapat betul-betul berjalan demokratis dan mendapat respons positif dari pemilih, yang salah satu indikatornya adalah tingkat partisipasi pemilih,” ujar Raka Sandi.

Sementara itu, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bali juga mengajak semua pemangku kepentingan dan masyarakat di Pulau Dewata untuk bersama-sama berkomitmen melawan politik uang dan politisasi SARA dalam tahapan Pilkada 2018.

“Politik uang menjadi musuh kita bersama karena praktik ini akan menciptakan potensi tindakan korupsi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Demikian juga politisasi SARA (suku, agama, ras dan antargolongan) berpotensi mengganggu dan memecah persaudaraan dalam NKRI,” ucap Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Rudia. (Ant/SU03)

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.