Jelang Tahun Politik, Bawaslu RI Resmikan Pojok Pengawasan di Banten

0
76
Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar (Tengah) saat meresmikan Pojok Pengawasan di Bawaslu Banten Jl. Kelapa Dua No.83, Kagungan, Kec. Serang, Kota Serang, Banten, Selasa (28/11/2017). (foto:Rizki/SERUJI)

SERANG, SERUJI.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia meresmikan Pusat Pengawasan Partisipatif (Pojok Pengawasan) di Bawaslu Provinsi Banten. Pojok Pengawasan ini merupakan yang ke-27 diresmikan.

Diresmikannya Pojok Pengawasan terkait semakin dekatnya dengan tahun Politik yakni Pilkada Serentak 2018 dan Pileg-Pilpres 2019.

Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, mengatakan pengawasan pemilu merupakan tanggung jawab dari semua elemen masyarakat.

“Masyarakat dan Bawaslu harus terintegrasi untuk mengawasi pemilu,” katanya usai meresmikan pojok pengawasan Bawaslu Banten di Jl. Kelapa Dua No.83, Kagungan, Kec. Serang, Kota Serang, Banten, Selasa (28/11).

Didalam Partisipatif, dijelaskan Edward, ada empat elemen. Pertama orang yang apolitik, dimana orang seperti ini tingkat partisipasinya sangat rendah atau tidak mau peduli dengan politik.

“Partisipatif yang kedua dimana masyarakat memiliki peran, masyarakat tahu apa yang harus dilakukan. Yang ketiga, partisipasi penyelenggara dimana peran ini diambil oleh Parpol dan terakhir adalah masyarakat yang berjuang untuk pemilu yang tergabung dalam sebuah perkumpulan, seperti ormas atau organisasi lainnya,” terangnya.

Dilanjutkannya, masyarakat menjadi ujung tombak dalam melakukan pengawasan pemilu, untuk itu masyarakat terutama generasi muda harus peduli terhadap politik.

“Kita tidak ingin memiliki generasi apolitik yang sama sekali tidak peduli dengan politik di negeri ini. Setidaknya kita memiliki partisipatif, kita terlibat dalam sebuah pengawasan,” pungkasnya. (Rizki/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
bambang soesatyo

DPR Minta Kemenag Beri Penjelasan Terkait Rekomendasi 200 Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Agama menjelaskan terkait kebijakan mengeluarkan rekomendasi 200 nama mubaligh, agar tidak terjadi keresahan di...
operasi pasar

Bulog Siapkan Operasi Pasar Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Aparat Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Tangerang, Banten, mempersiapkan operasi pasar (OP) sebagai antisipasi lonjakan harga sembako di pasar tradisional dan pusat...

Fitriani Gagal Rebut Angka Pertama Piala Uber Lawan Malaysia

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Pemain Indonesia Fitriani gagal meraih angka pertama bagi tim putri Indonesia, setelah menyerah kepada Soniia Cheah dari Malaysia 21-10, 17-21, 14-21...
tenaga kerja asing

Terkait Serbuan TKA, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

PADANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menanggapi isu maraknya serbuan tenaga kerja asing khususnya dari China dalam kunjungan kerjanya ke Padang, Senin (21/5), setelah salah...

Dikalahkan Persela Lamongan, Persija Ajukan Protes ke PSSI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persija Jakarta secara resmi mengajukan protes resmi kepada Komisi Disiplin PSSI dan PT Liga Indonesia Baru terkait kepemimpinan wasit Annas Apriliandi...