Hitungan Sementara KPU Banten, WH-Andika Unggul Tipis

BANTEN – Hingga Kamis (16/2) pukul 22.00 WIB, pasangan cagub dan cawagub Banten nomer urut 1 Wahidin Halim – Andika Hazrumy unggul sementara versi Real Quick Count KPU Banten. Seperti tercatat di website resmi KPU RI, pasangan berjuluk WH-Andika mendapat 50,36%, sedangkan Rano Karno dan Embay Mulya Syarief memperoleh 49,64%.

Hingga berita ini dirilis, suara yang masuk masih 11.359 TPS dari 16.540 TPS atau 68,68% suara. Partisipasi pemilih tercatat sementara 63,9%. Jumlah sementara ini bisa berubah menyusul proses penghitungan yang tersisa.

Di Kota Cilegon yang merupakan basis Partai Golkar, Rano-Embay menang dengan 57,6% suara, sedangkan WH-Andika memperoleh 42,4%. Di Kota Serang, Rano-Embay mendapat 55,5%, dan WH-Andika 44,5%. Sebaliknya, WH-Andika menang di Kabupaten Serang dengan 55,3%, sedangkan Rano-Embay 44,7%.

Sementara itu, hasil sementara di Kota Tangerang dengan suara masuk 60,90% menunjukkan WH-Andika unggul mendapat 66,2% dan Rano-Embay mendapat 33,8%. Di Kota Tangsel, WH-Andika juga unggul dengan mendapat 48,5%, Rano-Embay 51,5%, dengan suara masuk 69,89%. Di Kabupaten Lebak, WH-Andika kalah dengan mendapat 43,0%, Rano-Embay 57,0%, dengan suara masuk masih 93,67%.

Di Kabupaten Pandeglang, WH-Andika kalah dengan mendapat 46,1% dan Rano-Embay 53,9%, dengan suara masuk baru 46,45%. Di Kabupaten Tangerang, WH-Andika kalah dengan mendapat 47,4%, dan Rano-Embay meraih 52,6%, dengan suara masuk masih 44,86%.

WH-Andika unggul di TPS-TPS tempat mencoblosnya Bupati Serang Rt Tatu Chasanah, Walikota Serang Tb. Haerul Jaman, dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. Rano-Embay unggul di TPS-TPS tempat mencoblosnya Bupati Pandeglang Irna Narulita, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Walikota Tangerang Arief Wismansyah, Bupati Tangerang Zaki Iskandar, dan Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi.

Sementara itu, hasil quick count (penghitungan cepat) empat lembaga survey yaitu Indikator, Indo Barometer, Lingkaran Survey Indonesia, dan iNews Research, kompak mengisyaratkan WH-Andika unggul tipis. Misalnya, Lembaga survey Indo Barometer mencatat WH-Andika memperoleh 50,31% dan Rano-Embay 49,69%.

Sementara itu, Lingkaran Survei Indonesia Network juga merilis tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Banten kemarin sebesar 61,79%. Hasil ini menunjukkan angka golput di kisaran 38,21% atau turun dari pilkada sebelumnya yaitu 40%.

EDITOR; Omar Ballaz

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.