Gus Ipul Apresiasi Seni Wayangan Yang Dikombinasi dengan Sholawatan

MOJOKERTO, SERUJI.CO.ID – Calon Gubernur Jawa Timur nomer urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memberikan apresiasi seni tradisi pagelaran wayang dengan sholawatan.

“Inilah Jawa Timur. Antara seni tradisi dengan sholawatan dan kegiatan agama yang lain bisa berjalan seiring,” ujar Gus Ipul saat menghadiri acara Haul Almarhum Mbah Sayyid Marjuki, Desa Manting, Kacamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jumat (6/4).

Menurutnya, perpaduan antara kebudayaan dan agama memang tak bisa dipisahkan sehingga cenderung mudah untuk dikombinasikan.

“Apalagi kegiatan pewayangan merupakan salah satu bentuk dakwahnya para wali,” lanjut salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini.

Gus Ipul berkomitmen bersama cawagub Jatim pasangannya, Puti Guntur Soekarno, akan memberikan wadah untuk pengembangan seni di daerah. Termasuk dengan memberikan berbagai jaminan sosial untuk seniman.

Pergelaran wayang ini dipimpin oleh dalang Pitoyo dengan mengambil lakon Semar Dadi Guru. Sedangkan, untuk pembacaan sholawat dilakukan oleh Ikatan Seni Hadrah Indonesia (Ishari) Pimpinan Cabang Mojokerto selama semalam penuh.

Sementara itu, penyelenggara acara Gus Iwan mengatakan perpaduan kegiatan ini memang telah dilakukan sejak lama.

“Disini sejak lama telah berkembang budaya Jawa yang beriringan dengan unsur religius. Jadi, ini adalah kolaborasi keduanya,” ujarnya.

Ia menambahkan, anjuran untuk memadukan kedua kegaiatan ini merupakan juga arahan dari ulama.

“Acara haul yang juga bersamaan dengan ruwatan desa ini sudah berjalan sekitar 12 tahun,” lanjutnya. (Devan/SU02)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bisa Terima Capres Yang “Ikut” Perayaan Natal, Kenapa Keberatan Jika Hadiah Lomba dari Denny JA?

Karena sifat lomba ini yang sedemikian terbuka, tentu pihak-pihak yang mendukung wacana "NKRI Bersyariah" ini dapat juga menulis pemikirannya dan ikut serta dalam lomba ini. Apalagi jelas-jelas topik yang dilombakan ini adalah MENGUPAS esai yang ditulis Denny JA. Apakah mengupas dalam koteks setuju dengan tesis Denny JA, maupun tidak bersepakat dengannya.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER