DPRD Jateng Ajak Mahasiswa Aktif Dalam Pilkada

0
35
Pilkada Jateng 2018
Pilkada Jateng 2018

SEMARANG, SERUJI.CO.ID – Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah mengajak para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk berperan aktif dalam semua tahapan penyelenggaraan pilkada, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Mahasiswa jangan apatis terhadap pilkada karena (pilkada, red.) akan menentukan masa depan lima tahun ke depan di daerahnya masing-masing,” kata Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Rukma Setyabudi di Semarang, Selasa (17/4).

Menurut dia, peran aktif mahasiswa bisa diwujudkan dalam bentuk menjadi pengawas independen di daerah penyelenggara pilkada di Provinsi Jateng.

“Para mahasiswa bisa mengawasi jalannya semua tahapan pilkada karena kalau tidak diawasi dikhawatirkan akan berdampak pada turunnya partisipasi pemilih,” ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan itu, menyebutkan pengawasan mahasiswa bisa dilakukan terkait dengan berbagai praktik politik uang serta isu mengenai suku, agama, ras, dan antargolongan yang berpotensi mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang paling baik dengan mengedepankan musyawarah untuk mufakat. Titik krusial demokrasi yang menjadi tantangan, yaitu ‘money politic’ dan isu SARA,” katanya.

Sebelumnya, Rukma juga mendorong KPU Provinsi Jateng untuk terus berupaya meningkatkan jumlah partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2018.

“KPU merupakan salah satu lembaga yang harus bertanggung jawab apabila tingkat kepesertaan pemilu tidak sesuai dengan target pemilu sebesar 77,5 persen dari pemilih yang telah ditetapkan sebelumnya,” ujarnya.

Kendati demikian, Rukma mengakui bahwa hal itu sepenuhnya tanggung jawab bersama selaku penyelenggara pesta demokrasi, khususnya di Jateng, tidak hanya dari partai politik, peran pemerintah juga penting untuk meningkatkan minat partisipasi masyarakat pemula menjadi lebih aktif berdemokrasi.

Pilgub Jateng 2018 diikuti pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar, serta pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...