DPD: Pilkada 2018 Diharap Hasilkan Perubahan

0
57
Ahmad Muqowam, Ketua Komisi I DPD RI (foto: istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Komite I DPD RI Ahmad Muqowam berharap penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 dapat menghasilkan perubahan menjadi lebih baik bukan sekedar pesta demokrasi prosedural.

“Dari beberapa macam sistem pemerintahan demokrasi, saya melihat demokrasi Pancasila yang diterapkan di Indonesia masih yang terbaik,” kata Ahmad Moqowam, melalui pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (13/3).

Menurut dia, penerapan demokrasi Pancasila tersebut, salah satunya adalah penyelenggaraan Pilkada langsung secara serentak, seperti diatur dalam UU Pilkada.

Loading...

Pilkada serentak tahun 2018 akan diselenggarakan di 171 daerah, meliputi 13 provinsi, 115 kabupaten, dan 15 kota, pada 27 Juni 2018.

Muqowam berharap, Pilkada serentak tahun 2018 menjadi momentum perubahan yang lebih baik bagi demokrasi di Indonesia.

Sementara itu, mantan Anggota KPU periode 2002-2007 Qusnul Mar’iyah yang juga pengamat politik mengusulkan, agar DPD RI dapat berperan mengawasi pelaksanaan PIlkada 2018 dan Pemilu serentak 2019.

“DPD memiliki kewenangan dalam pengawasan pelaksanaan Pilkada dan Pemilu sesuai dengan aturan perundang-undangan. DPD RI mampu mengawasi dalam setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada dan Pemilu, mulai dari KPU, Bawaslu, DKPP, sampai peserta,” katanya. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU