Di Sulut, Bakal Calon Kepala Daerah Wajib Ikut Tes Kesehatan

0
53
RSUP Dr. Kandou Manado (foto:istimewa)

MANADO, SERUJI.CO.ID –  Seluruh pasangan bakal calon kepala daerah yang akan ikut Pilkada wajib mengikuti tiga tes selama tiga hari yang dilaksanakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Utara bekerja sama dengan RSU Kandou.

“Tes akan dilaksanakan selama tiga harus berturut-turut mulai 12, 13 dan 14 Januari di RSU Kandouw oleh tim khusus,” kata Komisioner KPU Sulawesi Utara, Vivi George, di Manado, Jumat (12/1).

Dia mengatakan, kewenangan untuk menentukan memenuhi syarat atau tidaknya para bakal calon, sepenuhnya menjadi kewenangan tim yang akan memeriksa yakni IDI dan RSU Kandou.

Ketua tim pemeriksa, dokter Ivone Rotti, menjelaskan, tahapan yang akan dilalui oleh para bakal calon tersebut adalah tes MMPI yakni pemeriksaan rohani pada Jumat (12/1), kemudian Sabtu (13/1) pemeriksaan jasmani dan tes narkoba, dan terakhir pemeriksaan psikologi.

Dia mengatakan, dalam pemeriksaan jasmani yang akan diperiksa adalah USG dan pengambilan urine, pemeriksaan penyakit dalam, THT, Gilut, pemeriksaan paru, mata, obsgyn, saraf, bedah yakni ortopedi dan urologi, bedah umum, foto thorax dan jantung.

Perwakilan BNNP Sulawesi Utara, Reine Wowiling, mengatakan, nanti untuk kepentingan pemeriksaan bebas narkoba, maka para bakal calon akan diperiksa urine.

“Untuk kepentingan itu, para bakal calon akan didampingi oleh polisi wanita untuk calon perempuan demikian juga laki-laki oleh untuk memastikan keamanan dan akurasinya,” katanya.

Bakal calon yang ikut dalam pemeriksaan selama tiga hari berjumlah 15 pasangan dari Minahasa, Bolaang Mongondow Utara, Sitaro, Talaud, Kota Kotamobagu tanpa Minahasa Tenggara, sebab masih diperpanjang waktu pendaftarannya. (Ant/SU03)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU