Di Sulut, Bakal Calon Kepala Daerah Wajib Ikut Tes Kesehatan

0
53
RSUP Dr. Kandou Manado (foto:istimewa)

MANADO, SERUJI.CO.ID –  Seluruh pasangan bakal calon kepala daerah yang akan ikut Pilkada wajib mengikuti tiga tes selama tiga hari yang dilaksanakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Utara bekerja sama dengan RSU Kandou.

“Tes akan dilaksanakan selama tiga harus berturut-turut mulai 12, 13 dan 14 Januari di RSU Kandouw oleh tim khusus,” kata Komisioner KPU Sulawesi Utara, Vivi George, di Manado, Jumat (12/1).

Dia mengatakan, kewenangan untuk menentukan memenuhi syarat atau tidaknya para bakal calon, sepenuhnya menjadi kewenangan tim yang akan memeriksa yakni IDI dan RSU Kandou.

Ketua tim pemeriksa, dokter Ivone Rotti, menjelaskan, tahapan yang akan dilalui oleh para bakal calon tersebut adalah tes MMPI yakni pemeriksaan rohani pada Jumat (12/1), kemudian Sabtu (13/1) pemeriksaan jasmani dan tes narkoba, dan terakhir pemeriksaan psikologi.

Dia mengatakan, dalam pemeriksaan jasmani yang akan diperiksa adalah USG dan pengambilan urine, pemeriksaan penyakit dalam, THT, Gilut, pemeriksaan paru, mata, obsgyn, saraf, bedah yakni ortopedi dan urologi, bedah umum, foto thorax dan jantung.

Perwakilan BNNP Sulawesi Utara, Reine Wowiling, mengatakan, nanti untuk kepentingan pemeriksaan bebas narkoba, maka para bakal calon akan diperiksa urine.

“Untuk kepentingan itu, para bakal calon akan didampingi oleh polisi wanita untuk calon perempuan demikian juga laki-laki oleh untuk memastikan keamanan dan akurasinya,” katanya.

Bakal calon yang ikut dalam pemeriksaan selama tiga hari berjumlah 15 pasangan dari Minahasa, Bolaang Mongondow Utara, Sitaro, Talaud, Kota Kotamobagu tanpa Minahasa Tenggara, sebab masih diperpanjang waktu pendaftarannya. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...