Deklarasi Tolak Politik Uang, Djarot Lepas Balon dan Merpati

0
199
Djarot-Sihar
Pasangan Djarot-Sihar berpoto bersama usai penetapan nomor urut paslon Pilgub Sumut 2018, Selasa (13/2/2018). (foto:Mica/SERUJI)

MEDAN, SERUJI.CO.ID  – Dua pasangan calon gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus mengikuti deklarasi untuk menolak politik uang dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2018.

Deklarasi penolakan politik uang tersebut digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut di halaman Istana Maimun Medan, Rabu (14/2).

Selain pelepasan burung dan balon deklarasi tersebut ditandai dengan melakukan cap tangan dengan cairan cat yang juga diikuti pimpinan parpol pengusung.

Ketua Bawaslu Sumut Syafrida Rasahan mengatakan, simbol dari burung merpati tersebut merupakan simbol dari kebebasan dan kesetiaan yang mengisyaratkan tidak adanya tekanan dan pengaruh bagi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

Sedangkan pelepasan dengan berbagai warna tersebut menggambarkan kondisi masyarakat Sumut yang terdiri dari bermacam suku, agama yang ada di Sumut.

“Adapun simbol dari cap tangan itu menunjukkan bahwa kita menolak segala bentuk politik uang dan menolak isu SARA,” katanya.

Menurut Syafrida, praktik politik uang dalam penyelenggaraan pilkada dapat memunculkan jiwa koruptor ketika menjalankan roda pemerintahan.

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi juga mengajak untuk menolak dan melawan politik uang serta politisasi SARA sehingga pilgub Sumut 2018 dapat berjalan aman dan kondusif.

“Saya juga berharap ASN untuk bersikap netral dan jangan berpihak. Sumut harus kita jaga, jangan sampai terpecah-pecah, kita keluarga besar. Walau berbeda dukungan, jangan sampai terpecah-pecah,” ujar Erry.

Harapan yang sama juga disampaikan Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw sambil menegaskan bahwa pihaknya siap untuk mengamankan serangkaian kegiatan pilgub Sumut. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...