Deddy Mizwar: Pilkada Harus Sebagai Pesta Demokrasi Menyenangkan

0
67
Deddy Mizwar
Deddy Mizwar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berharap seluruh pihak dapat mewujudkan Pilkada serentak 2018 sebagai sebuah pesta demokrasi yang menyenangkan.

“Pilkada harus sebagai pesta demokrasi yang bisa dinikmati,” ujar Deddy Mizwar dalam acara expert meeting bertajuk “Menyongsong Pilkada Serentak yang Berkualitas di Lumbung Suara” yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta, Senin (27/11).

Deddy Mizwar yang juga akan maju sebagai calon gubernur Jawa Barat 2018 itu mengatakan Pilkada Jawa Barat 2018 harus dapat mengambil peran sebagai tolok ukur pilkada berkualitas.

Oleh karena itu dia berharap tidak ada praktik memecah belah dalam Pilkada serentak 2018.

Dalam hal ini para petinggi partai dapat memberikan contoh yang baik kepada publik agar pesta demokrasi dapat berjalan baik.

Deddy juga menyampaikan bahwa saat ini partisipasi publik dalam pemilihan kepala daerah sudah semakin baik.

Dia berharap masyarakat juga dapat semakin dewasa dalam menyikapi perbedaan politik yang terjadi dalam pemilihan umum.

Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor mengatakan pilkada serentak gelombang ketiga yang akan berlangsung pada 2018 akan mencerminkan kualitas demokrasi Indonesia.

Sebab dalam Pilkada serentak 2018 terdapat tiga daerah yang selama ini memiliki jumlah pemilih suara terbesar di Indonesia yakni provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Firman mengatakan bahwa beberapa provinsi di Pulau Jawa merupakan wilayah utama strategis dan menjadi lumbung suara sehingga Pilkada serentak 2018 akan menjadi arena yang diperebutkan oleh kekuatan-kekuatan politik.

Dia mengatakan Pilkada serentak 2018 khususnya di daerah lumbung suara, seharusnya meningkat kualitasnya dibandingkan pilkada serentak sebelumnya tahun 2015 dan 2017.

Peningkatan kualitas diperlukan agar konsolidasi demokrasi di daerah bisa berlangsung dengan baik dan berdampak positif terhadap pencapaian pemerintah daerah. (Ant/SU02)

loading...
BACA JUGA
Sriwijaya FC

Sriwijaya FC Targetkan Juara Piala Indonesia 2018

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Sriwijaya FC menargetkan juara di ajang Piala Indonesia 2018 yang akan bergulir pada pertengahan Juli mendatang dan sebelumnya telah tiga kali menjuarai...
Penggelapan dana

Jadi Tahanan KPK , Dua Cawali Malang Terancam Tidak Mencoblos

MALANG, SERUJI.CO.ID -  Dua calon Wali Kota Malang (Cawali), masing-masing Ya'qud Ananda Qudban dan Moch Anton terancam tidak bisa menggunakan hak politiknya dan mencoblos pada...

Polisi Kerahkan Ratusan Personel Amankan Pilgub Jateng

BANJARNEGARA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Banjarnegara akan menyiagakan sekitar 435 personel untuk mengamankan jalannya Pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018...

FIFA Bantah Kasus Doping Pemain Rusia

RUSIA, SERUJI.CO.ID -  FIFA pada Ahad (24/6) menolak laporan media Inggris yang menyatakan adanya kasus doping yang ditutup-tutupi di antara pemain sepak bola tim nasional...
Orang tenggelam

Wisatawan Danau Tambing Dilaporkan Hilang Tenggelam

PALU, SERUJI.CO.ID - Seorang pengunjung obyek wisata Danau Tambing, di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dilaporkan tenggelam saat menikmati keindahan...