Cegah Korupsi Saat Menjabat, KPK Beri Pembekalan Kepada Cakada se-Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) seluruh Calon Kepala Daerah (cakada) se Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi, Kamis (12/4).

Pengumuman yang berlangsung dalam acara “Pembekalan Antikorupsi dan Deklarasi LHKPN Calon Kepala Daerah se-Jatim” dihadiri Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dua pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jatim 2018 dan 54 cakada Kabupaten/Kota se-Jatim.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mengatakan kegiatan ini salah satu tahapan Pilkada 2018 yang akan diselenggarakan serentak pada 27 Juni mendatang.

“Deklarasi LHKPN ini sebagai pembekalan yang bertujuan agar bila terpilih nanti, di dalam proses pemerintahan, bisa dilakukan dengan baik, jujur dan berintegritas, yang jelas para setiap cakada telah melaporkan harta kekayaannya dengan jujur,” kata Eko usai deklarasi LHKPN di Surabaya, Kamis, (12/4).

Terpisah, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, kegiatan ini adalah sebagai bentuk upaya preventif KPK agar para kepala daerah yang terpilih mampu menghindari tindak pidana korupsi ini.

“Terlebih kita temui calon kepala daerah dan Cagub-Cawagub Jatim, berdasarkan temuan kami, para kandidat setiap calon rawan melakukan tindak korupsi. Ini yang melatar-belakangi adanya pembekalan ini,” ujar Basaria.

Acara “Pembekalan Antikorupsi dan Deklarasi LHKPN Calon Kepala Daerah se-Jatim” juga dihadiri 18 ketua KPU Kabupaten/Kota se-Jatim yang daerahnya sedang menyelenggarakan Pilkada. (Devan/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Renungan di Hari Guru

Seseorang boleh disebut guru pada saat dia mendidik sekaligus dengan memberi teladan. Seseorang disebut murid pada saat dia belajar sesuatu dan berusaha melakukan teladan sang guru.