32 Kabupaten/Kota di Jateng Miliki Rumah Pintar Pemilu


SOLO, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 32 kabupaten/kota di Jawa Tengah telah memiliki Rumah Pintar Pemilu (RPP). Tempat ini dibentuk sebagai pusat informasi perjalanan demokrasi di Indonesia.

“Di Jateng sudah ada 32 Rumah Pintar Pemilu yang tersebar di 32 kabupaten/kota,” ungkap Komisioner KPU Provinsi Jateng Diana Ariyanti usai meresmikan Galeri Literasi Demokrasi di Kota Solo, Kamis (14/12).

Diana mengemukakan, keberadaan RPP di Jateng sudah dimulai sejak bulan Juni tahun 2016. Namun demikian masih ada daerah yang belum memiliki RPP.

“Masih ada tiga kabupaten/kota di Jateng yang belum memiliki RPP, ” imbuhnya.

Beberapa hal menjadi kendala. Salah satunya soal sarana prasarana. Diana menuturkan, belum semua KPU daerah memiliki gedung sendiri.

“Tapi saya rasa tidak adanya RPP tidak akan mengurangi pelayanan KPU pada masyarakat, utamanya dalam sosialisasi,” beber Diana.

Masyarakat masih dapat menggali informasi pemilihan umum dari sumber-sumber lainnya, seperti melalui website KPU.

Sementara di Solo, Rumah Pintar Pemilu yang diberi nama Galeri Literasi Demokrasi baru saja diresmikan, Kamis (14/12). Peresmian ditandai pengguntingan pita oleh Sekretaris Daerah Kota Solo Budi Yulistyanto.

Rumah Pintar Pemilu
Sejumlah siswa melihat maket pemilihan umum di Galeri Literasi Demokrasi di Solo, Jateng. (Foto: Vita Kurnia/SERUJI)

Galeri Literasi Demokrasi di Solo, Jawa tengah menyajikan beragam informasi penting. Seperti perjalanan demokrasi Kota Solo, galeri Pilkada serta beragam buku mengenai pemilihan umum.

“Tempat ini akan menjadi big data bagi masyarakat dan memberikan pengetahuan mengenai demokrasi di Indonesia. Bagi masyarakat, khususnya bagi pemilih pemula” ujar Ketua KPU Solo Agus Sulistyo.

Selain memberikan informasi, Galeri Literasi Demokrasi akan memfasilitasi sejumlah aktivitas terkait pendidikan demokrasi. Seperti diskusi, pemutaran video mengenai pengetahuan demokrasi dan lain sebagainya. (Vita Kurnia/SUO2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close