Terkait Kritik AHY pada Revolusi Mental, Pengamat: Lumrah Kritik Program Yang Tak Sukses

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Zaenal A Budiyono menganggap kritik Agus Harimurti Yudhoyono terhadap program Revolusi Mental yang digaungkan Presiden Jokowi sejak Pilpres 2014, adalah sesuatu yang lumrah.

Menurut Budiyono, dalam demokrasi, partai di luar pemerintahan baik sebagai oposisi ataupun penyeimbang memiliki pijakan kuat, baik dari sisi konstitusional maupun tradisi demokrasi untuk memberikan kritik kepada penguasa.

“Dengan kata lain, masukan atau kritik dari Agus Harimurti Yudhoyono tentang program-program pemerintah yang kurang sukses merupakan fenomena lumrah, normal dan bagian dari dialektika berbangsa,” kata Budiyono dalam keterangan tertulisnya yang diterima SERUJI, Ahad (17/6).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pria yang akrab disapa AHY tersebut mengkritik program Revolusi Mental Presiden Jokowi dalam orasi politik yang disampaikannya di acara Partai Demokrat di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (9/6) lalu.

AHY mempertanyakan program Revolusi Mental yang diusung Jokowi, karena pemerintah terlalu berfokus pada pembangunan infrastruktur.

Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat tersebut menganggap Revolusi Mental semakin tidak terdengar. Program pembangunan manusia itu gaungnya justru dikalahkan oleh deru pembangunan jalan tol dan jembatan.

Menurut Budiyono, pandangan politik AHY dan keluarga besar Partai Demokrat (PD) tidak bisa dilepaskan dari pengaruh pemikiran SBY, sang ikon PD.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER