Survei: Elektabilitas Prabowo Kalahkan Jokowi di Jawa Barat

62
710
  • 886
    Shares
Prabowo Subianto siap maju capres 2019 (foto:twitter Gerindra)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan elektabilitas atau tingkat keterpilihan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subinato lebih tinggi dari Presiden Jokowi di Provinsi Jawa Barat.

Hal itu diketahui dari hasil survei Exit Poll di berbagai TPS saat hari pencoblosan Pilkada serentak 2018 di Jawa Barat.

“Jika hari ini terjadi ‘head to head‘ antara Jokowi dengan Prabowo di Jawa Barat, Prabowo memperoleh suara 51,2 persen dan Jokowi sebesar 40,3 persen, sedangkan yang tidak jawab sebesar 8,5 persen,” kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, di Jakarta, Selasa (3/7).

Loading...

Dijelaskan juga oleh Deni bahwa sentiman masyarakat pada sosok Prabowo sangat tinggi. Ini terbukti dengan kenaikan suara Sudrajat-Syaikhu secara sangat signifikan hingga melewati suara Dedy Mizwar-Dedy Mulyadi, dan mendekati suara Ridwan-UU pada pemilihan Gubernur Jawa Barat.

Namun, lanjutnya, hal berbeda terjadi untuk provinsi besar lainnya di luar Jawa Barat. Lebih besar pemilih akan mendukung Jokowi sebagai Presiden bila pilpres diadakan di hari pencoblosan Pilkada serentak 2018.

“Ada indikasi kampanye ‘ganti presiden’ hanya berpengaruh di wilayah Jawa Barat, tetapi daerah lain di Pulau Jawa tidak. Mesin partai pendukung Prabowo di Jabar, yakni Gerindra dan PKS jauh lebih besar. Ini yang membuat kampanye tersebut  efektif,” terang Deni.

Untuk Jawa Tengah, jika terjadi ‘head to head‘ antara Jokowi dengan Prabowo, maka hasil signifikan diperoleh Jokowi dengan angka mencapai 73,1 persen, Prabowo sebesar 19,7 persen dan tidak jawab sebesar 7,2 persen.

62 KOMENTAR

  1. Yg saya Tau
    Indonesia dlm keadaan Rumit
    Mau pemimpin nya siapa kelak nanti
    Yg pasti mdh2an Pemimpin yg Amanah dan bisa membwa keluar dr zona itu sendiri
    Meskipun wajah Demokrasi bejad di negeri ini
    sebagai Rakyat sya psti nya mengapresiasi kan hak pilih pilpres nanti dg mencoblos Bebas pilihan meski hnya Satu Suara.
    Mungkin brguna Bagi Nusa dan Bangsa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU