Rakyat Susah Karena Harga Serba Naik, Ketua MPR: Optimalkan Stok Beras

0
33
Zulkifli Hasan (tengah, berjaket hitam) saat berada di Kota Solo, Jawa Tengah. Ahad (14/1/2018). (Foto:Vita/Seruji)

SOLO, SERUJI.CO.ID – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Zulkifli Hasan mengharapkan pemerintah mengoptimalkan stok beras yang dimiliki Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik untuk menurunkan harga beras.

“Saya tadi ke Pasar Gede Solo sempat ngobrol dengan para pedagang. Ternyata di sini kenaikan harga beras sekitar Rp2.000-2.500/kg,” katanya di Solo, Ahad (14/1).

Oleh karena itu, untuk menurunkan harga beras tersebut pihaknya berharap agar stok beras yang dimiliki Bulog segera dihabiskan untuk digunakan operasi pasar besar-besaran.

“Kasihan masyarakat, sekarang ini harga beras naik, harga gas naik, dan listrik naik,” katanya.

Mengenai impor beras, pihaknya berharap agar pemerintah lebih berhati-hati melakukannya mengingat pada bulan Februari mulai memasuki panen raya.

“Kalau mau beli (impor), beli pesan tetapi jangan didatangkan. Taruh di luar negeri dulu, karena kalau masuk dan bersamaan dengan panen raya maka harga bisa hancur,” katanya.

Kalaupun harus membeli beras dari luar negeri, menurut dia, akan lebih tepat digunakan sebagai stok atau cadangan ketika di dalam negeri sedang tidak ada stok.

Sebelumnya, menurut salah satu pedagang beras di Pasar Legi, Ali, untuk beras premium kini naik harga menjadi Rp11.500/kg-Rp13.000/kg dari yang seharusnya di kisaran Rp11.000/kg.

Sedangkan untuk beras kualitas medium, dikatakannya, saat ini harganya mencapai Rp10.000-11.000/kg. Sebagaimana diketahui, harga tersebut telah melebihi harga eceran tertinggi yang dikeluarkan oleh pemerintah, yaitu Rp9.450/kg.

Terkait dengan kenaikan harga tersebut, pihaknya tidak mengetahui secara pasti karena dari distributornya harga beras sudah tinggi. (Ant/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Wakapolres Labuhanbatu Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal Dunia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Upaya pencarian Wakapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra di perairan Sei Berombang, Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, membuahkan hasil. Namun tim gabungan...
narkoba

Polisi Langkat Ringkus Pembawa 20 Kilogram Ganja

LANGKAT, SERUJI.CO.ID - Aparat polisi Gebang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, meringkus tersangka pembawa 20 kilogram ganja dari Aceh dengan tujuan hendak dipasarkan di Kota...
narkoba

Polisi Langkat Ringkus Pelaku Pembawa Bungkusan Berisi Sabu-Sabu

LANGKAT, SERUJI.CO.ID - Aparat satuan Kepolisian Gebang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, meringkus dan mengamankan tersangka yang kedapatan membawa satu bungkusan besar sabu-sabu dari dalam bus...

BI Nilai Ekonomi Nasional Tetap Solid

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Bank Indonesia menilai bahwa perekonomian nasional masih tetap solid ditopang kondisi domestik dan eksternal yang masih baik. "Domestik baik, didukung investasi dalam...

Polres Lebak Jamin Bebas Miras dan Narkoba

LEBAK, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Lebak menjamin bebas dari minuman keras dan peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang atau narkoba di daerah itu dengan mengoptimalkan...