PKS Raih Kursi DPRD Kota Bandung Dua Kali Lipat, PDIP Turun Banyak Dibanding 2014


BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Jawa Barat telah menyelesaikan rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019, baik untuk Pileg maupun Pilpres pada Ahad (5/5) kemarin.

Dari hasil sidang pleno rekapitulasi yang berlangsung di di Hotel Horison, Kota Bandung untuk Pileg DPRD Kota Bandung, diketahui PKS berhasil meraih suara terbanyak dengan mengumpulkan dukungan warga sebanyak 295.615 suara.

Dengan jumlah perolehan suara tersebut dan sebaran di masing-masing daerah pemilihan di Kota Bandung, maka PKS diprediksi akan mendudukkan 13 calegnya di DPRD Kota Bandung periode 2019-2024. Hasil ini dua kali lipat dari kursi DPRD Kota Bandung yang diduduki kader PKS saat ini yang berjumlah 6 kursi.

Selain akan dudukkan kader terbanyak di DPRD Kota Bandung, dipastikan PKS juga akan mendudukan kadernya sebagai Ketua DPRD Kota Bandung. Keberhasilan PKS ini melengkapi kemenangan PKS dalam Pilkada 2018 dengan menempatkan kadernya sebagai Wali Kota Bandung, yakni Oded M Danial.

Sementara itu, PDI Perjuangan menempati urutan kedua perolehan suara terbanyak 226.588 suara. Dengan hasil ini, diprediksi jumlah kursi DPRD Kota Bandung yang mampu diraih PDI Perjuangan sebanyak 8 kursi, turun dibanding Pemilu 2014 yang menempatkan 12 kadernya di legislatif Kota Bandung.

Untuk partai lainnya; Gerindra raih 204.7178 suara dengan kursi diperkirakan sebanyak 8 kursi (naik 1 kursi), Partai Golkar raih 119.713 suara dengan jumlah kursi diperkirakan sama dengan pemilu 2014 yakni 6 kursi.

Partai Demokrat dengan perolehan 99.629 suara, diperkirakan akan turun jumlah kadernya di DPRD Kota Bandung, dari 6 kursi menjadi 5 kursi. Sebaliknya Partai Nasdem yang meraih 89.298 suara, akan dapat tambahan 1 kursi di periode 2019-2024 menjadi 5 kursi.

Yang mengejutkan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mampu meraih dukungan yang besar di Kota Bandung dengan meraup 72.884 suara. Dengan perolehan ini, maka PSI diperkirakan mampu tempatkan 3 kadernya di DPRD Kota Bandung.

Nasib kurang baik dialami PKB dan PPP. Kedua partai pendukung Jokowi-KH Ma’ruf Amin ini harus puas hanya dengan masing-masing 1 kursi. PKB hanya berhasil raih dukungan warga Kota Bandung sebanyak 51.957 suara, sementara PPP meraih 41.704 suara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengapa Riset di Indonesia ‘Mandul’? Belajar dari Thomas Edison-GE

Mengapa riset di perguruan tinggi kita mandul? Mengapa hanya menghasilkan dokumen  di rak-rak perpustakaan atau link internet yang hanya dibaca secara terpaksa oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Simak jawabannya di sini

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close