PDIP Jalin Komunikasi Parpol Pengusung Jokowi


DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partainya akan mulai menjalin komunikasi politik, khususnya dengan partai politik yang sudah menyatakan dukungannya mengusung Jokowi pada Pemilu Presiden 2019.

“Sebenarnya sudah ada gambaran yang lebih jelas terhadap arah koalisi ke depan. Partai politik yang sudah menyatakan dukungannya, akan kami ajak berdialog kembali,” kata Hasto di sela-sela acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan di Denpasar, Bali, Sabtu (24/2).

Hasto mengatakan komunikasi politik PDI Perjuangan juga akan dilakukan kepada parpol yang belum memberikan dukungan kepada Jokowi pada Pilpres 2019.

Menurut dia, pemerintahan yang stabil dan kuat, tidak hanya mendapatkan legitimasi dari rakyat namun juga kekuatan mayoritas di parlemen.

“Kami jajaki komunikasi berdasarkan urutan dukungan yang disampaikan pertama kali adalah yang berada dalam pemerintahan, maka fokus kami adalah partai yang ada di dalam pemerintahan, kemudian kami akan ajak dialog juga partai lain,” ujarnya.

Hasto menjelaskan partainya juga memberikan skala prioritas dalam menjalin komunikasi politik, yaitu dengan partai yang memiliki kursi di DPR RI dengan dasar-dasarnya adalah membangun kekuatan gotong royong ke depan.

Menurut dia, komunikasi politik PDI Perjuangan dengan Partai Demokrat dan Partai Gerindra sudah dilakukan di tingkat dewan pimpinan pusat masing-masing partai sehingga tidak ada masalah.

“Di parlemen kami lakukan dengan membangun semangat kerja sama di antara parpol, setelah rakernas ini kami akan mengambil inisiatif untuk membangun dialog dengan parpol lain, termasuk Partai Gerindra,” katanya.

Hasto mengatakan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan juga telah meminta untuk dapat diprioritaskan bertemu Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan tentunya mendapat preferensi karena posisinya sebagai Ketua MPR.

Hal itu, menurut dia, mengingatkan pentingnya dialog kebangsaan dan bagaimana fungsi MPR sebagai cerminan rakyat bermusyawarah, sehingga hal itu yang terus didorong partainya.

“MPR sebagai cerminan rakyat yang bermusyawarah, itu terus kami dorong, sehingga setelah ini segala prioritas adalah Megawati bertemu dengan Zulkifli Hasan,” ujarnya. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close