Partai Politik Dipakai Kendaraan Pribadi yang Berduit

AMBON – Jika partai politik masih didominasi oleh orang-orang yang berduit, maka akan dijadikan kereta untuk kepentingan pribadi. Sedangkan legislator menjadi otoritas pertama dalam pembentukan hukum di Indonesia.

Penegasan itu disampaikan Saldi Isra, pakar Hukum Tata Negara saat memberikan materi pada acara “Seminar Kedaulatan Hukum, Politik, dan Ekonomi”, di Ambon, Sabtu (25/2).

“Karena itu, apabila negara bisa berkontribusi dengan anggaran, kemungkinan situasinya bisa berubah. Sebab, semakin besar dana yang diberikan oleh negara, maka akan semakin besar juga tuntutan rakyat agar partai politik bertanggung jawab terhadap hal itu,” tegasnya.

Problemnya, kata Guru Besar Universita Andalas itu, pembentuk hukum dikendalikan sebagian besar oleh partai politik. “Selama pengelolaan partai masih seperti ini, maka Indonesia tidak akan berubah,” ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Fachry Ali menilai yang terjadi saat ini adalah era informasi digital yang semakin sulit dikontrol oleh siapapun.

“Demokrasi kebablasan disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi “ tegasnya. Informasi dari media online dan media sosial, tegas Fachri,  membuat arus informasi sulit dikendalikan.

“Para aktor politik maupun aktor publik baru lebih mudah bermunculan. Padahal, dalam era sebelumnya, fenomena seperti ini sulit terjadi,” ujar Fachry dalam diskusi bertajuk “Kebebasan. Demokrasi. Kebablasan”, di Jakarta Pusat, Sabtu (25/2).

EDITOR: Yus Arza

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER