Partai Garuda dan Partai Berkarya Tanjungpinang Penuhi Syarat Peserta Pemilu

0
106
KPU
Komisi Pemilihan Umum.

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, menetapkan Partai Garuda dan Partai Berkarya memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019.

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria di Tanjungpinang, Sabtu (13/1), mengatakan Partai Garuda dan Partai Berkarya ditetapkan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku setelah dilakukan verifikasi faktual baru-baru ini.

“Kami telah melakukan verifikasi faktual kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor dan keanggotaan terhadap partai politik calon peserta pemilihan umum anggota DPR dan DPRD tahun 2019. Hasil verifikasi diputuskan bahwa Partai Garuda dan Berkarya memenuhi syarat melalui rapat pleno tadi malam,” ujarnya.

Robby mengemukakan KPU Kota Tanjungpinang menyerahkan hasil verifikasi faktual yang bertempat di ruang rapat kantor penyelenggara pemilu tersebut. Kegiatan itu tidak hanya dihadiri lima anggota KPU Tanjungpinang, melainkan juga anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang, Zaini.

“Kami sudah menyerahkan hasil pemeriksaan verifikasi faktual kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor dan keanggotaan partai politik peserta pemilu tahun 2019,” ucapnya.

Partai politik yang menerima berkas hasil verifikasi faktual tersebut belum tentu dapat menjadi peserta Pemilu 2019. Hal itu tergantung pada keputusan pusat setelah dilakukan verifikasi faktual secara nasional.

“Partai Garuda dan Partai Berkarya Kota Tanjungpinang akan dilanjutkan ke tahap berikutnya menunggu pengumuman KPU RI,” tegasnya.

Hasil verifikasi faktual kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor dan keanggotaan Partai Garuda dan Partai Berkarya juga diberikan kepada Bawaslu Kota Tanjungpinang.

“Kami masih menunggu instruksi KPU RI terkait keputusan Bawaslu RI yang terbaru,” katanya.

Anggota Bawaslu Tanjungpinang Zaini sejauh ini proses verifikasi faktual terhadap partai-partai baru berdasarkan keputusan Bawaslu RI, berlangsung sesuai ketentuan yang berlaku. Pelaksanaan verifikasi terbuka, informatif dan teliti.

“Kami tidak menemukan pelangaran terhadap proses verifikasi faktual,” ujarnya. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...