Gerindra Dorong Perempuan Berani Berpolitik

PADANG ARO, SERUJI.CO.ID – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Politik Gerindra Solok Selatan, Sumatera Barat, mendorong perempuan daerah itu untuk berani tampil di panggung perpolitikan.

“Tampil di panggung politik, bukan saja butuh kematangan berpikir, berorganisasi, tapi juga keberanian. Dengan bergabung kepada partai politik, perempuan akan menjadi unjuk tombak dan tumpuan penyaluran aspirasi kaum hawa,” kata Wakil Ketua DPC Gerindra Solok Selatan, Armen Syahjohan di Padang Aro, Sabtu (28/4).

Ia menyebutkan partainya kini tengah mengajak dan memberikan pemahaman kepada perempuan Solok Selatan agar bersedia bergabung dengan partai politik.

“Banyak perempuan yang bergabung dan matang berorganisasi, tapi mereka terkadang belum berani bergabung dengan partai politik. Harus optimistis bahwa perempuan juga bisa mengalahkan laki-laki dalam berpolitik,” jelasnya.

Ia menepis bahwa ajakan kepada perempuan agar bergabung dengan partai politik cuma untuk memenuhi kuota pencalonan legislatif yang disyaratkan oleh undang-undang, yakni 30 persen.

“Bukan. Ini bukan untuk memenuhi kuota, tapi ini sebagai pendidikan politik bagi kaum perempuan,” ujarnya.

DPC Gerindra Solok Selatan telah membuka pendaftaran bakal calon legislatif sejak pekan lalu hingga 5 Mei 2018. Pendaftaran gratis dan tidak tertutup bagi kader Gerindra, namun masyarakat umum.

“Yang mendaftar bukan saja kader, tapi kami buka untuk umum. Hingga kini sudah ada sejumlah pensiunan polisi, TNI, ASN, mantan wali nagari dan sejumlah tokoh masyarakat,” terangnya.

Warga Solok Selatan yang mendaftar sebagai bakal calon legislatif ke DPC Gerindra hingga Jumat (27/4) siang, yakni untuk daerah pemilihan satu (Dapil I) Kecamatan Sangir tujuh orang yang mendaftar menjadi bakal caleg, yakni lima laki-laki dan perempuan dua.

Kemudian Dapil II (Sangir Jujuan, Sangir Balai Janggo dan Sangir Batang Hari) laki-laki empat orang, perempuan dua orang, sementara Dapil III (Pauh Duo, Sungai Pagu dan Koto Parik Gadang Diateh) tujuh bakal caleg laki-laki dan dua perempuan.

Ia menambahkan, bakal caleg yang mendaftar tersebut akan disaring ulang dengan mengikuti sejumlah rangkaian seleksi termasuk uji kelayakan (fit and proper test).

Gerindra Solok Selatan saat ini tengah menjalin kerja sama dengan universitas di Sumbar untuk melakukan survei terhadap masyarakat yang mendaftar sebagai calon legislatif yang bakal diusung partai tersebut pada Pemilu 2019.

“Dari hasil survei itu pasti ada yang tereliminasi,” ujarnya.

Sementara terkait target pemilu 2019, ia menyebutkan untuk Dapil I dan Dapil II Gerindra Solok Selatan menargetkan dua kursi, sementara Dapil III tiga atau empat kursi.

“Target tentu menjadi pemenang dalam Pemilu 2019,” tambahnya.

Sementara Ketua KPU Solok Selatan Mulyadi mengemukakan jumlah bakal calon legislatif yang harus didaftarkan oleh partai politik maksimal sebanyak jumlah kursi pada setiap daerah pemilihan.

Untuk Dapil I dan Dapil II jumlah sebanyak tujuh kursi dan Dapil III sebelas kursi.

Sementara untuk calon perempuan bagi calon DPRD kabupaten/kota, sebutnya 30 persen harus memperhatikan perempuan.

“Tapi kami masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI, ada tidak perubahan aturan soal jumlah calon legislatif ini,” lanjutnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER