Dua Partai Baru Berpeluang Lolos ke Parlemen

1
120
  • 3
    Shares
survei Pileg 2019
Grace Natalie, Ketua Umum PSI.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Direktur Eksekutif lembaga survei Y Publica, Rudi Hartono mengatakan dua partai baru, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) berpeluang masuk parlemen dengan ambang batas 4 persen.

“Dari empat parpol pendatang baru di pemilu 2019, ada dua yang elektabilitasnya cukup tinggi, yaitu Perindo (3,1 persen) dan PSI (1,3 persen). Jika elektabilitasnya bisa dinaikkan, dua parpol ini berpeluang menembus ‘parliamentary threshold’ 4 persen,” kata Rudi dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (28/5).

Berdasarkan persepsi publik (keseluruhan responden), partai yang dianggap paling mendekati selera dan aspirasi anak muda, yaitu PDIP (23,9 persen), Gerindra (11,2 persen), Golkar (5,4 persen), Demokrat (5,4 persen) dan PSI (5,1 persen).

Loading...

“PSI masuk lima besar partai yang dianggap ‘anak muda’, ” tuturnya.

Meski demikian survei tersebut masih umum dan Rudi belum membuat survei yang khusus kepada anak-anak muda karena faktanya, anak muda agak apatis dengan politik.

Menurut Rudi, anak muda cenderung menjaga jarak dengan politik. Namun, kemunculan PSI berpotensi menarik minat pemilih anak muda.

“Kemunculan PSI yang berisi anak muda, dengan rekam jejak bersih, memang berpotensi menarik minat banyak anak muda untuk berpolitik,” ujarnya.

Tetapi, tambah dia, ada tantangan yang harus dilakukan PSI, yakni mereka harus menampilkan politik yang benar-benar berbeda dengan partai-partai tua/lama.

“PSI harus mempertahankan rekam jejak bersih. Serta, menghadirkan politik kaya ide, gagasan dan punya agenda politik yang jelas,” ucapnya. (Ant/SU02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

1 KOMENTAR

  1. Membaca berita ini sepertinya ada kampanye terselubung yg dilakukan Seruji terhadap salah satu partai baru…… Apalagi dalam berita yg di tulis dikatakan “…. memiliki jejak yang bersih…”. Dan padahal kita tahu partai yg dimaksud sekarang sedang berperkara di pengadilan dengan bawaslu. Dan diluar itu kita tahu bahwa partai tsb adalah pendukung penista Agama Islam….., dan ini menurut saya yang aneh…

    Bukankah Seruji didirikan atas dasar semangat membela Islam dg momentun saat terjadinya demo besar2an terhadap penista agama…..?
    Apakah Seruji misinya sudah berubah ? atau apakah sudah ada kepentingan lain di dalamnya…. ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU