Denny JA Sebut 6 Tokoh Ini Yang Mampu Perbaiki Golkar

1
45
Plt Ketua Umum Partai Golkar Idrus Marham dan Ketua Harian Partai Golkar Nurdin Halid, di DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa ( 21/11).

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny Januar Ali (Denny JA) menyebut enam tokoh Partai Golkar memiliki kualifikasi untuk memulihkan citra buruk partai berlambang pohon beringin yang kini terus berkurang elektabilitasnya.

“Selama tiga tahun terakhir, energi partai habis diserap oleh dua isu, yakni konflik internal dan isu korupsi. Partai Golkar harus menemukan jalan tol untuk memulihkan citra partai,” kata Denny dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (9/12).

Saat ini isu pergantian Ketua Umum partai Golkar melalui mekanisme Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) telah hangat diperbincangkan. Itu bisa menjadi pintu masuk untuk memperbaiki citra partai.

Menurut Denny, Partai Golkar memiliki harapan untuk melakukan pemulihan dari citra buruk yang terus mendegradasi elektabilitas partai itu. Paling tidak terdapat enam tokoh yang memiliki kualifikasi untuk menuju orientasi tersebut.

Keenam tokoh tersebut ialah Airlangga Hartarto, Dedi Mulyadi, Nusron Wahid, Idrus Marham, Meutia Hafidz dan Titiek Soeharto atau Siti Hediati Hariyadi.

“Mereka ini embrio baru Partai Golkar setelah Munaslub. Mereka mewakili Indonesia Barat, Tengah dan Timur,” katanya.

Ia menjelaskan terkait enam nama itu di antaranya Airlangga Hartarto. Dalam perspektif Denny, Airlangga merupakan seorang kandidat Ketua Umum terkuat yang akan membawa Golkar menuju perubahan citra.

“Publik membutuhkan Golkar yang bersih. Ini dalam rangka memutus diri dari riwayat buruk yang terlanjur melilit dan membuat partai ini terseok. Sebagai partai senior, Golkar juga harus bangkit,” katanya.

Sedangkan Dedi Mulyadi dianggapnya sebagai bintang yang tengah bersinar di Jawa Barat. Saat Indonesia terbelah oleh fragmentasi primordial, Dedi berani tampil dengan membawa pesan kultur yang toleran dan pro terhadap keberagaman.

Kemudian Nusron Wahid, sosok yang besar di Nahdhatul Ulama ini menurut Denny dapat menjadi “liaison officer” atau penghubung komunikasi antara Golkar dengan basis massa Islam Toleran dari Nahdhatul Ulama.

Indonesia Timur diwakili oleh Idrus Marham, seorang Sekretaris Jenderal di dua masa kepemimpinan Golkar, Yakni saat dipimpin oleh Abu Rizal Bakrie dan Setya Novanto. Loyalitasnya terhadap pimpinan menjadi teladan bagi para kader Golkar.

Diferensiasi latar belakang politik di internal Partai Golkar dapat menjadi lebih berwarna dengan kehadiran dua Srikandi yakni Meutia Hafidz, mantan jurnalis profesional dan Titiek Soeharto, puteri Presiden kedua Indonesia sekaligus God Father bagi Partai Golkar. (Ant/SU01)

Komentar

BACA JUGA
Febri Diansyah

KPK Perpanjang Penahanan Tersangka Suap RAPBD Jambi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 Supriono, tersangka suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah...

Penghina Presiden Dibawa Ke Mabes Polri

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID - Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia membawa MKN (54), tersangka ujaran kebencian terhadap Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara serta...

Presiden Apresiasi Penggagalan Distribusi 1,6 Ton Sabu-Sabu

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Presiden Joko Widodo mengapresiasi upaya penggagalan 1,6 ton narkoba jenis sabu di perairan Karang Helen Mars yang berdekatan dengan Karang Banteng, Kabupaten...
Gus Ipul Kunjungi korban banjir

Gus Ipul Kunjungi Kediaman Korban Banjir

JOMBANG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul), mengunjungi keluarga korban hilang akibat terseret arus sungai yang disebabkan...
Rakor KPU Sumut

Jumlah Dikurangi, Beban Kerja PPK Akan Lebih Berat di Pemilu 2019

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Anggota KPU Provinsi Sumut Nazir Salim Manik mengatakan jumlah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada Pemilu 2019 dipangkas...
loading...
Al Battani

Penemu Kala Revolusi Bumi Ternyata Muslim

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari pada orbitnya. Revolusi bumi ini bisa terjadi akibat tarik menarik antara gaya gravitasi bumi dengan gaya gravitasi...
IMG-20180222-WA0084

PANWASLU KABUPATEN MESUJI RAKOOR TENTANG PENANGANAN PELANGGARAN PEMILU

Pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2018, Panwaslu Kabupaten Mesuji mengadakan Rapat Koordinasi dengan peserta Anggota Panwascam Divisi Penindakan dan Divisi SDMO serta 1...
Talonsong

Talonsong

Talonsong, sebuah kata dalam bahasa Minang, yang sering dituturkan ditengah masyarakatnya.  Talonsong, padanannya dalam bahasa indonesia yang tepat adalah terlanjur.  Jika talonsong,  maka semuanya...