Demokrat Masih Buka Segala Peluang Koalisi Pilpres 2019

0
40
Partai Demokrat
Partai Demokrat (ilustrasi)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Partai Demokrat menyatakan masih membuka segala peluang koalisi dalam Pemilihan Presiden 2019, baik itu mendukung Presiden Jokowi, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto atau mengusung capres alternatif.

“Ya, semua peluang sama besarnya,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan, di Jakarta, Jumat (20/4).

Belakangan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dikabarkan tengah membuka komunikasi politik dengan partai lain, untuk membangun poros ketiga di luar koalisi Jokowi atau Prabowo.

Kabar terbaru, SBY direncanakan bertemu Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman dalam waktu dekat untuk membahas peluang mengusung capres alternatif.

Syarief Hasan menyatakan Demokrat belum memutuskan apakah nantinya akan mendukung Jokowi jika upaya membentuk poros ketiga itu gagal.

Dihubungi terpisah, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin mengatakan partainya ingin membangun koalisi dengan partai-partai yang memiliki kesamaan pandangan terhadap persoalan yang membelit bangsa saat ini.

“Sebelum bicara capres-cawapres sebaiknya dilihat dulu adanya kesamaan pandangan dalam melihat persoalan bangsa saat ini, kemudian bagaimana menghadapi dan mencari solusi terhadap persoalan itu,” ujar Didi.

Didi mengatakan, menurut pengamatan Demokrat, persoalan bangsa yang perlu dicarikan solusinya saat ini adalah belum tersedia lapangan kerja yang memadai, kesejahteraan yang belum merata, mahal harga bahan pokok dan tarif listrik yang menyebabkan daya beli masyarakat semakin turun, hingga penegakan hukum yang masih tebang pilih.

Menurut Didi, kesamaan pandangan dalam melihat persoalan bangsa adalah kunci membangun koalisi.

“Setelah itu baru kita bicara soal capres-cawapres, dan komitmen kerja sama. Kepentingan rakyat harus didahulukan,” ujar Didi pula.

Didi mengatakan saat ini Demokrat tengah fokus meningkatkan elektabilitas partai serta memenangi Pilkada Serentak 2018, sambil terus menjalin komunikasi dengan seluruh partai politik peserta Pemilu 2019. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prabowo dengan kucing

Viral Foto Prabowo dengan Kucing, Warganet: Ke Hewan Saja Sayang, Apalagi ke Rakyatnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Foto Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memberi makan seekor kucing saat sedang menyantap hidangan bersama koleganya, viral di media...

Gubernur Ganjar Pranowo Melepas Calon Haji Jateng-DIY Hari Ini

BOYOLALI, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 34.112 jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY diberangkatkan ke tanah suci hari ini, Selasa (17/7). Upacara pelepasan yang...
hary tanoe, mnc, perindo

Gara-Gara Mobil Mewah Hary Tanoe, Massa Perindo dan PDIP Bersitegang di KPU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gara-gara mobil mewah yang dikendarai Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, massa Perindo bersitegang dengan massa PDI Perjuangan di depan gerbang kantor...
Fahri-hamzah2

Fahri Hamzah: Innalillahi, Mungkin Umur PKS Selesai Tahun Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah memprediksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang selama ini menaunginya dan mengantarnya ke Senayan, akan bubar...
Presiden apel Babinsa

Sama dengan TNI/Polri, Presiden Jokowi Naikan Tunjangan Kinerja Babinsa di Tahun Politik

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pemerintah telah menetapkan kenaikan tunjangan Kinerja bagi anggota TNI dan Polri pada bulan Juni lalu. Besarnya kenaikan mencapai 70 persen dari...