KPU Solok Selatan Siapkan 554 TPS Pemilu

PADANG, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menyiapkan 554 tempat pemungutan suara untuk pelaksanaan Pemilihan Umum 2019.

“Jumlah TPS ini kemungkinan bisa bertambah atau berkurang. Untuk pastinya terlihat setelah penyusunan TPS nanti,” ujar Ketua KPU Solok Selatan Mulyadi di Padang Aro, Selasa (24/4).

Jika terjadi penambahan TPS yang telah disiapkan, imbuhnya, pihaknya akan menyesuaikan dengan kondisi geografis daerah itu. TPS yang disiapkan tersebut bertambah dibanding pada Pemilu 2014 dengan 431 TPS.

Saat ini, katanya, tengah dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih yang dilakukan oleh panitia pendaftaran pemilih (pantarlih) yang jumlah petugasnya sesuai dengan TPS yang disiapkan. Pelaksanaan coklit selama sebulan 17 April-17 Mei 2018.

Coklit merupakan sinkronisasi gabungan daftar pendudukan potensial pemilih (DP4) yang bersumber dari Kementerian Dalam Negeri dan dafar pemilih terakhir dari KPU pusat.

Jumlah data pemilih yang dicoklit untuk Solok Selatan sebanyak 122.298 yang terdiri atas pemilih laki-laki 61.564 dan pemilih perempuan 60.734.

Sementara jumlah pemilih yang berusia 17 pada hari H pencoblosan sebanyak 11.997, yang didominasi oleh pemilih pemula.

Setelah coklit selesai, daftar yang telah dicocokan dan dilakulan oleh pantarlih tersebut akan dilakukan penyusunan sebagai daftar pemilih sementara (DPS).

Setelah DPS tetapkan, kemudian dilakukan pengumuman DPS untuk meminta tanggapan dan masukan dari masyarakat yang selanjutnya ditetapkan sebagai DPS hasil perbaikan (DPSHP).

“Dari DPSHP ini yang akan kami pleno sebagai daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2019,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebelumnya KPU secara serentak melakukan sosialisasi menyongsong setahun dilaksanakan pemilu pada Sabtu (21/4). Sosialisasi yang mengangkat seni dan budaya lokal tersebut KPU Solok Selatan menggunakan seni randai.

Dalam randai itu disampaikan pesan yang perkenaan dengan pemilu seperti data pemilih, kampanye, hingga pemungutan suara. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reposisi Sekolah Demi Pendidikan

Menempatkan sekolah sebagai lembaga yang paling membentuk keterpelajaran seseorang adalah mitos dan tahayul, kalau tidak bisa disebut hoaks.

Form Konsultasi Hukum SERUJI

Untuk berkonsultasi dengan para pakar pengasuh rubrik "Konsultasi Hukum SERUJI" (KHS) silahkan isi form ini selengkap mungkin dan dengan data yang benar. Seluruh data kami jamin terjaga kerahasiaannya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....