Wapres Beri Masukan Gubernur DKI Atasi Banjir

1
97
Jusuf Kalla
Wakil Presiden Jusuf Kalla

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi beberapa masukan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk mengatasi masalah banjir di ibu kota.

Wapres menyampaikan hal itu saat menerima Anies-Sandi di Ruang Kerja Istana Wakil Presiden, Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (26/10), sembari sambil makan siang dan memberikan foto-foto saluran drainase yang dipotret di Istanbul, Turki, usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi D8 pada 20 Oktober 2017.

“Mengatasi banjir, selokannya itu harus bersih, tidak boleh ada selokan permanen dibeton, karena itu di mana-mana, juga di sini sebenarnya sudah ada, saya lihat di Turki itu semua selokan berlubang dan bisa diangkat sehingga semua orang harus bertanggung jawab membersihkan selokan depan rumahnya, itu akan memperlancar air. Kalau tidak nanti musim hujan baru digali, bagaimana?” Kata dia.

Wapres menggarisbawahi solusi selokan seperti di Istanbul saat menjadi salah satu solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir di Jakarta, terlebih Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memberikan peringatan curah hujan akan makin tinggi mulai November.

Solusi kedua yang disarankan Wapres kepada gubernur dan wakil gubernur yang dilantik Presiden Jokowi pada 16 Oktober lalu, yakni meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah di sekitar Jakarta, salah satunya Bogor.

“Banjir itu kalau air masuk lebih banyak daripada yang keluar, kalau air masuk itu, untuk kurangi air masuk harus koordinasi dengan Pemkab Bogor, dan sebagainya, untuk bagaimana menghijaukan Bogor dan membikin embung-embung apalah di Bogor,” kata dia.

Selain masalah banjir, Wapres juga mengingatkan Anies-Sandi untuk fokus menata lalu lintas guna mengatasi kemacetan ibu kota, dengan meningkatkan layanan angkutan umum sehingga masyarakat mau mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.

“Solusinya ya Anda kurangi naik mobil ke kantor, ke rumah, tapi ‘kan syaratnya juga harus ada angkutan umum. Jadi dilanjutkan MRT, LRT, Busway. Itu saja solusinya, tidak ada solusi lainnya,” kata dia.

Wapres juga kembali mewanti-wanti Anies-Sandi untuk menata ibu kota Jakarta sesuai janji-janji yang disampaikan saat kampanye menjadi gubernur dan wakil gubernur.

“Pokoknya fokuslah dulu bagaimana mengatasi kemacetan, mengatasi kebersihan, mengatasi banjir, kemudian menata sesuai dengan janji kampanyenya,” kata JK.

Sebelumnya, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta juga telah menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/10). (Ant/SU02)

loading...

1 KOMENTAR

  1. Kirain masukan gimana…..cuma begitu saja pun. Btw, ini wapres kok tidak kasih masukan untuk ahok dan jarot ya….kan jakarta bisa bebas banjir lebih cepat. Pilih kasih nih wapres.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Hari Reresik Malioboro

Wisatawan Keluhkan Mahalnya Tarif Parkir di Yogyakarta

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keluhan wisatawan terkait tarif parkir kendaraan yang melebihi ketentuan saat libur Lebaran, khususnya di kawasan wisata Kota Yogyakarta mewarnai lini massa di...

Seorang Warga Nunukan Digigit Buaya

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Seorang warga Kampung Mamolo, Kelurahan Tanjung Harapan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengalami luka-luka akibat digigit buaya pada Ahad (17/6), sekitar pukul 10.30...
Mochamad Iriawan

Terungkap Pengusul Iriawan Sebagai Pj Gubernur Jabar, Mendagri: Presiden Jokowi

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Teka-teki siapa pengusul Komisari Jendral Polisi M. Iriawan sebagai Pejabat Gubernur Jawa Barat, menggantikan Ahmad Heryawan, terjawab saat pelantikan Iriawan yang...

Satpam Sekolah Gagalkan Pencurian Laptop

PONOROGO, SERUJI.CO.ID - Satpam SMPN 2 Jetis, Marni menggagalkan pencurian "laptop" atau komputer jinjing yang dilakukan dua orang tersangka, Randy dan Dika keduanya warga Kabupaten...

Abrasi Laut Ancam Wisata Tanjung Lesung

BANTEN, SERUJI.CO.ID - Abrasi air laut berpotensi mengancam puluhan meter jalan utama menuju destinasi wisata Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang menjadi pilihan favorit...