Telah Dipanggil ke Istana, Inilah 32 Calon Menteri Pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi telah memanggil beberapa tokoh ke Istana Negara sejak Senin (21/10) hingga Selasa (22/10) yang akan menjadi pembantunya sebagai menteri di Kabinet Kerja Jilid 2.

Sebanyak 32 tokoh telah dipanggil Jokowi pasca pelantikan Presiden-Wakil Presiden pada Ahad (20/10). Selain tetap ada wajah lama, juga ada wajah-wajah baru yang akan membantu pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Dikabarkan hari ini, Rabu (23/10), Presiden Jokowi akan mengenalkan para Menterinya ke publik pada pukul 8.00 WIB. Sementara pelantikan akan dilakukan pada pukul 10.00 WIB.

Berikut Para Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid 2;

1. Airlangga Hartarto

Airlangga adalah salah satu calon Menteri yang dipanggil Jokowi pada hari pertama, Senin (21/10). Ketua Umum Golkar ini menjabat Menteri Perindustrian pada Kabinet Kerja Jilid 1.

Usai dipanggil, Airlangga tidak menjelaskan posisi yang akan ia tempati di Kabinet Kerja Jilid 2. Namun ke media usia pertemuan dengan Presiden Jokowi, ia banyak mengemukakan soal mengatasi neraca perdagangan yang saat ini masih minus. Diperkirakan Airlangga akan menempati posisi yang sama atau digeser ke Menteri Perdagangan.

2. Mahfud MD

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menjadi tokoh pertama yang dipanggil Presiden Jokowi pada Senin (21/10). Usai bertemu Presiden, Mahfud mengaku diminta Jokowi untuk membantunya sebagai menteri.

Tokoh asal Madura yang saat ini menduduki jabatan sebagai anggota di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengungkapkan bahwa ia berdikusi dengan Presiden soal masalah hukum, HAM, dan pemberantasan korupsi. Banyak pihak memperkirakan Mahfud akan menempati posisi Jaksa Agung.

3. Tito Karnavian

Berbeda dengan tokoh lainnya yang datang ke istana dengan mengenakan kemeja putih, Tito Karnivian datang ke istana masih dengan seragam lengkap sebagai Kapolri. Usai bertemu Presiden Jokowi, Tito keluar dari istana tanpa diketahui media karena tidak melewati jalan tempat awak media menunggu.

Tidak diketahui posisi yang akan diemban Tito di Kabinet mendatang, namun sehari selepas pertemuan, Selasa (22/10), Presiden Jokowi mengirimkan surat ke DPR RI tentang pemberhentian Tito sebagai Kapolri. Diperkirakan Tito akan menempati posisi Kepala BIN.

4. Nadiem Makarim

Pendiri Go-Jek ini juga dipanggil di hari pertama, Senin (21/10). Namun, tidak diketahui posisi yang akan diberikan pada Nadiem di Kabinet Kerja jilid 2.

Nadiem mengaku diajak berdiskusi mengenai visi presiden seperti pengembangan SDM, reformasi birokrasi, serta peningkatan investasi. Banyak pihak memperkirakan Nadiem akan menempati posisi sebagai Menteri Pendidikan atau Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi.

5. Wishnutama

Pendiri dan Bos Net TV ini juga dipanggil di hari pertama, Senin (21/10). Tidak jelas ia akan ditempatkan di posisi apa, namun ia mengaku diajak Presiden diksusi perihal industri kreatif di Indonesia.

6. Erick Thohir

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf ini dipanggil pada Senin (21/10) ke Istana, dan diajak diskusi Presiden soal ekonomi dan dampak perang dagang China-AS. Diperkirakan Bos Maha Group ini akan menempati posisi yang mengurusi ekonomi seperti perdagangan atau investasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Refleksi Akhir Tahun Pendidikan

Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

TERPOPULER