Telah Dipanggil ke Istana, Inilah 32 Calon Menteri Pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi telah memanggil beberapa tokoh ke Istana Negara sejak Senin (21/10) hingga Selasa (22/10) yang akan menjadi pembantunya sebagai menteri di Kabinet Kerja Jilid 2.

Sebanyak 32 tokoh telah dipanggil Jokowi pasca pelantikan Presiden-Wakil Presiden pada Ahad (20/10). Selain tetap ada wajah lama, juga ada wajah-wajah baru yang akan membantu pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Dikabarkan hari ini, Rabu (23/10), Presiden Jokowi akan mengenalkan para Menterinya ke publik pada pukul 8.00 WIB. Sementara pelantikan akan dilakukan pada pukul 10.00 WIB.

Berikut Para Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid 2;

1. Airlangga Hartarto

Airlangga adalah salah satu calon Menteri yang dipanggil Jokowi pada hari pertama, Senin (21/10). Ketua Umum Golkar ini menjabat Menteri Perindustrian pada Kabinet Kerja Jilid 1.

Usai dipanggil, Airlangga tidak menjelaskan posisi yang akan ia tempati di Kabinet Kerja Jilid 2. Namun ke media usia pertemuan dengan Presiden Jokowi, ia banyak mengemukakan soal mengatasi neraca perdagangan yang saat ini masih minus. Diperkirakan Airlangga akan menempati posisi yang sama atau digeser ke Menteri Perdagangan.

2. Mahfud MD

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menjadi tokoh pertama yang dipanggil Presiden Jokowi pada Senin (21/10). Usai bertemu Presiden, Mahfud mengaku diminta Jokowi untuk membantunya sebagai menteri.

Tokoh asal Madura yang saat ini menduduki jabatan sebagai anggota di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengungkapkan bahwa ia berdikusi dengan Presiden soal masalah hukum, HAM, dan pemberantasan korupsi. Banyak pihak memperkirakan Mahfud akan menempati posisi Jaksa Agung.

3. Tito Karnavian

Berbeda dengan tokoh lainnya yang datang ke istana dengan mengenakan kemeja putih, Tito Karnivian datang ke istana masih dengan seragam lengkap sebagai Kapolri. Usai bertemu Presiden Jokowi, Tito keluar dari istana tanpa diketahui media karena tidak melewati jalan tempat awak media menunggu.

Tidak diketahui posisi yang akan diemban Tito di Kabinet mendatang, namun sehari selepas pertemuan, Selasa (22/10), Presiden Jokowi mengirimkan surat ke DPR RI tentang pemberhentian Tito sebagai Kapolri. Diperkirakan Tito akan menempati posisi Kepala BIN.

4. Nadiem Makarim

Pendiri Go-Jek ini juga dipanggil di hari pertama, Senin (21/10). Namun, tidak diketahui posisi yang akan diberikan pada Nadiem di Kabinet Kerja jilid 2.

Nadiem mengaku diajak berdiskusi mengenai visi presiden seperti pengembangan SDM, reformasi birokrasi, serta peningkatan investasi. Banyak pihak memperkirakan Nadiem akan menempati posisi sebagai Menteri Pendidikan atau Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi.

5. Wishnutama

Pendiri dan Bos Net TV ini juga dipanggil di hari pertama, Senin (21/10). Tidak jelas ia akan ditempatkan di posisi apa, namun ia mengaku diajak Presiden diksusi perihal industri kreatif di Indonesia.

6. Erick Thohir

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf ini dipanggil pada Senin (21/10) ke Istana, dan diajak diskusi Presiden soal ekonomi dan dampak perang dagang China-AS. Diperkirakan Bos Maha Group ini akan menempati posisi yang mengurusi ekonomi seperti perdagangan atau investasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Disabilitas Mental dan Pemilu

Ketika Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa KPU mendata pemilih penyandang disabilitas mental atau sakit jiwa, muncul pertanyaan penderita penyakit jiwa mana yang diberikan hak untuk memilih?

Konsultasi Manajemen Bersama SNF Consulting

Anda dapat konsultasikan masalah terkait menajemen dan pengelolaan perusahaan kepada SNF Consulting dengan mengisi form di bawah dengan lengkap.

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close