Telah Dipanggil ke Istana, Inilah 32 Calon Menteri Pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi telah memanggil beberapa tokoh ke Istana Negara sejak Senin (21/10) hingga Selasa (22/10) yang akan menjadi pembantunya sebagai menteri di Kabinet Kerja Jilid 2.

Sebanyak 32 tokoh telah dipanggil Jokowi pasca pelantikan Presiden-Wakil Presiden pada Ahad (20/10). Selain tetap ada wajah lama, juga ada wajah-wajah baru yang akan membantu pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Dikabarkan hari ini, Rabu (23/10), Presiden Jokowi akan mengenalkan para Menterinya ke publik pada pukul 8.00 WIB. Sementara pelantikan akan dilakukan pada pukul 10.00 WIB.

Berikut Para Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid 2;

1. Airlangga Hartarto

Airlangga adalah salah satu calon Menteri yang dipanggil Jokowi pada hari pertama, Senin (21/10). Ketua Umum Golkar ini menjabat Menteri Perindustrian pada Kabinet Kerja Jilid 1.

Usai dipanggil, Airlangga tidak menjelaskan posisi yang akan ia tempati di Kabinet Kerja Jilid 2. Namun ke media usia pertemuan dengan Presiden Jokowi, ia banyak mengemukakan soal mengatasi neraca perdagangan yang saat ini masih minus. Diperkirakan Airlangga akan menempati posisi yang sama atau digeser ke Menteri Perdagangan.

2. Mahfud MD

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menjadi tokoh pertama yang dipanggil Presiden Jokowi pada Senin (21/10). Usai bertemu Presiden, Mahfud mengaku diminta Jokowi untuk membantunya sebagai menteri.

Tokoh asal Madura yang saat ini menduduki jabatan sebagai anggota di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengungkapkan bahwa ia berdikusi dengan Presiden soal masalah hukum, HAM, dan pemberantasan korupsi. Banyak pihak memperkirakan Mahfud akan menempati posisi Jaksa Agung.

3. Tito Karnavian

Berbeda dengan tokoh lainnya yang datang ke istana dengan mengenakan kemeja putih, Tito Karnivian datang ke istana masih dengan seragam lengkap sebagai Kapolri. Usai bertemu Presiden Jokowi, Tito keluar dari istana tanpa diketahui media karena tidak melewati jalan tempat awak media menunggu.

Tidak diketahui posisi yang akan diemban Tito di Kabinet mendatang, namun sehari selepas pertemuan, Selasa (22/10), Presiden Jokowi mengirimkan surat ke DPR RI tentang pemberhentian Tito sebagai Kapolri. Diperkirakan Tito akan menempati posisi Kepala BIN.

4. Nadiem Makarim

Pendiri Go-Jek ini juga dipanggil di hari pertama, Senin (21/10). Namun, tidak diketahui posisi yang akan diberikan pada Nadiem di Kabinet Kerja jilid 2.

Nadiem mengaku diajak berdiskusi mengenai visi presiden seperti pengembangan SDM, reformasi birokrasi, serta peningkatan investasi. Banyak pihak memperkirakan Nadiem akan menempati posisi sebagai Menteri Pendidikan atau Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi.

5. Wishnutama

Pendiri dan Bos Net TV ini juga dipanggil di hari pertama, Senin (21/10). Tidak jelas ia akan ditempatkan di posisi apa, namun ia mengaku diajak Presiden diksusi perihal industri kreatif di Indonesia.

6. Erick Thohir

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf ini dipanggil pada Senin (21/10) ke Istana, dan diajak diskusi Presiden soal ekonomi dan dampak perang dagang China-AS. Diperkirakan Bos Maha Group ini akan menempati posisi yang mengurusi ekonomi seperti perdagangan atau investasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

close