Telah Dipanggil ke Istana, Inilah 32 Calon Menteri Pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi telah memanggil beberapa tokoh ke Istana Negara sejak Senin (21/10) hingga Selasa (22/10) yang akan menjadi pembantunya sebagai menteri di Kabinet Kerja Jilid 2.

Sebanyak 32 tokoh telah dipanggil Jokowi pasca pelantikan Presiden-Wakil Presiden pada Ahad (20/10). Selain tetap ada wajah lama, juga ada wajah-wajah baru yang akan membantu pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Dikabarkan hari ini, Rabu (23/10), Presiden Jokowi akan mengenalkan para Menterinya ke publik pada pukul 8.00 WIB. Sementara pelantikan akan dilakukan pada pukul 10.00 WIB.

Berikut Para Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid 2;

1. Airlangga Hartarto

Airlangga adalah salah satu calon Menteri yang dipanggil Jokowi pada hari pertama, Senin (21/10). Ketua Umum Golkar ini menjabat Menteri Perindustrian pada Kabinet Kerja Jilid 1.

Usai dipanggil, Airlangga tidak menjelaskan posisi yang akan ia tempati di Kabinet Kerja Jilid 2. Namun ke media usia pertemuan dengan Presiden Jokowi, ia banyak mengemukakan soal mengatasi neraca perdagangan yang saat ini masih minus. Diperkirakan Airlangga akan menempati posisi yang sama atau digeser ke Menteri Perdagangan.

2. Mahfud MD

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menjadi tokoh pertama yang dipanggil Presiden Jokowi pada Senin (21/10). Usai bertemu Presiden, Mahfud mengaku diminta Jokowi untuk membantunya sebagai menteri.

Tokoh asal Madura yang saat ini menduduki jabatan sebagai anggota di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengungkapkan bahwa ia berdikusi dengan Presiden soal masalah hukum, HAM, dan pemberantasan korupsi. Banyak pihak memperkirakan Mahfud akan menempati posisi Jaksa Agung.

3. Tito Karnavian

Berbeda dengan tokoh lainnya yang datang ke istana dengan mengenakan kemeja putih, Tito Karnivian datang ke istana masih dengan seragam lengkap sebagai Kapolri. Usai bertemu Presiden Jokowi, Tito keluar dari istana tanpa diketahui media karena tidak melewati jalan tempat awak media menunggu.

Tidak diketahui posisi yang akan diemban Tito di Kabinet mendatang, namun sehari selepas pertemuan, Selasa (22/10), Presiden Jokowi mengirimkan surat ke DPR RI tentang pemberhentian Tito sebagai Kapolri. Diperkirakan Tito akan menempati posisi Kepala BIN.

4. Nadiem Makarim

Pendiri Go-Jek ini juga dipanggil di hari pertama, Senin (21/10). Namun, tidak diketahui posisi yang akan diberikan pada Nadiem di Kabinet Kerja jilid 2.

Nadiem mengaku diajak berdiskusi mengenai visi presiden seperti pengembangan SDM, reformasi birokrasi, serta peningkatan investasi. Banyak pihak memperkirakan Nadiem akan menempati posisi sebagai Menteri Pendidikan atau Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi.

5. Wishnutama

Pendiri dan Bos Net TV ini juga dipanggil di hari pertama, Senin (21/10). Tidak jelas ia akan ditempatkan di posisi apa, namun ia mengaku diajak Presiden diksusi perihal industri kreatif di Indonesia.

6. Erick Thohir

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf ini dipanggil pada Senin (21/10) ke Istana, dan diajak diskusi Presiden soal ekonomi dan dampak perang dagang China-AS. Diperkirakan Bos Maha Group ini akan menempati posisi yang mengurusi ekonomi seperti perdagangan atau investasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER