Mantan Menteri era Orba, Hadiri Pelantikan Putranya Sebagai Mensos

0
103
  • 7
    Shares
Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) bersama Jokowi saat Pilpres 2014.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ginandjar Kartasasmita, mantan Menteri Pertambangan dan Energi era pemerintatahan Presiden ke 2 RI, Soeharto, menghadiri pelantikan Agus Gumiwang sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri.

Agus Gumiwang adalah putra dari Ginandjar yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Ekonomi Keuangan dan Industri (Ekuin) selama tiga bulan menjelang kejatuhan pemerintah Soeharto yang disebut juga rezim Orde Baru (Orba).

“Saya terharu dan bangga,” kata Ginandjar usai pelantikan Agus Gumiwang sebagai Menteri Sosial Kabinet Kerja di Istana Negara Jakarta, Jumat (24/8) sore.

Baca juga: Idrus Marham Mundur, Agus Gumiwang Gantikan Sebagai Mensos

Kunjungan ke Istana Negara ketika menyaksikan pelantikan putranya kemudian mengingatkan dirinya yang pernah beberapa kali dipercaya pemerintah menjadi menteri.

“Saya mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menjadi menteri, saya terharu dan bangga. Saya ingat dilantik di Istana ini barang kali lima kali,” katanya.

Ketika ditanya apakah Agus Gumiwang memiliki kapasitas menjasi menteri, Ginandjar mengatakan ia tidak bisa menilai karena yang menilai adalah yang mengangkat.

“Saya tidak bisa menilai, ‘kan yang menilai Bapak Presiden,” katanya.

Baca juga: Terkait Status Penyidikan KPK, Idrus Marham Mengundurkan Diri Sebagai Mensos

Kepada pejabat baru termasuk putranya, dia berpesan bahwa jalan yang ditempuh seseorang sudah ditetapkan Tuhan. “Apapun usaha kita, ada yang lebih tinggi yang menentukan,” katanya.

Ia juga berpesan bahwa kepercayaan atau amanat dari rakyat melalui presiden merupakan kepecayaan yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Ketiga, menjadi pemimpin banyak lika-likunya, bisa tersandung sehingga harus hati hati, jangan mudah tergoda,” kata Ginandjar yang juga pernah menjadi Wakil Ketua MPR dan Ketua DPD RI. (Ant/ARif R/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU