Mantan Menteri era Orba, Hadiri Pelantikan Putranya Sebagai Mensos

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ginandjar Kartasasmita, mantan Menteri Pertambangan dan Energi era pemerintatahan Presiden ke 2 RI, Soeharto, menghadiri pelantikan Agus Gumiwang sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri.

Agus Gumiwang adalah putra dari Ginandjar yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Ekonomi Keuangan dan Industri (Ekuin) selama tiga bulan menjelang kejatuhan pemerintah Soeharto yang disebut juga rezim Orde Baru (Orba).

“Saya terharu dan bangga,” kata Ginandjar usai pelantikan Agus Gumiwang sebagai Menteri Sosial Kabinet Kerja di Istana Negara Jakarta, Jumat (24/8) sore.

Baca juga: Idrus Marham Mundur, Agus Gumiwang Gantikan Sebagai Mensos

Kunjungan ke Istana Negara ketika menyaksikan pelantikan putranya kemudian mengingatkan dirinya yang pernah beberapa kali dipercaya pemerintah menjadi menteri.

“Saya mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menjadi menteri, saya terharu dan bangga. Saya ingat dilantik di Istana ini barang kali lima kali,” katanya.

Ketika ditanya apakah Agus Gumiwang memiliki kapasitas menjasi menteri, Ginandjar mengatakan ia tidak bisa menilai karena yang menilai adalah yang mengangkat.

“Saya tidak bisa menilai, ‘kan yang menilai Bapak Presiden,” katanya.

Baca juga: Terkait Status Penyidikan KPK, Idrus Marham Mengundurkan Diri Sebagai Mensos

Kepada pejabat baru termasuk putranya, dia berpesan bahwa jalan yang ditempuh seseorang sudah ditetapkan Tuhan. “Apapun usaha kita, ada yang lebih tinggi yang menentukan,” katanya.

Ia juga berpesan bahwa kepercayaan atau amanat dari rakyat melalui presiden merupakan kepecayaan yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Ketiga, menjadi pemimpin banyak lika-likunya, bisa tersandung sehingga harus hati hati, jangan mudah tergoda,” kata Ginandjar yang juga pernah menjadi Wakil Ketua MPR dan Ketua DPD RI. (Ant/ARif R/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.

Kemcer Di Curug Cipeteuy