Mantan Jubir Gusdur Dilantik Presiden Jokowi Sebagai Wantimpres

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –  Mantan juru bicara presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yahya Cholil Staquf, dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Presiden Jokowi melantik Yahya Cholil Staquf di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/5) sekitar pukul 13.30 WIB.

Pengangkatan Yahya berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 84P Tahun 2018 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan.

Dalam acara pelantikan, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan.

Yahya kemudian menerima ucapan selamat dari Presiden Jokowi diikuti pejabat lain yang hadir.

Hadir dalam acara ini Wakil Presiden Jusuf Kalla, presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, jajaran anggota Wantimpres, dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja.

Yahya sendiri diangkat sebagai anggota Wamtimpres untuk menggantikan posisi almarhum K.H. Hasyim Muzadi yang meninggal dunia pada tanggal 16 Maret 2017.

Diangkatnya Yahya yang juga menjabat sebagai Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini maka anggota Wantimpres nantinya sudah lengkap kembali menjadi sembilan orang.

Selain Yahya, sebanyak delapan anggota Wantimpres saat ini adalah Agum Gumelar, Sidarto Danusubroto, Subagyo H.S., Yusuf Kartanegara, Suharso Monoarfa, Jan Darmadi, Abdul Malik Fadjar, dan Sri Adiningsih.

Setelah dilantik Yahya menyatakan bahwa permintaan Presiden kepadanya untuk bergabung dalam Wantimpres merupakan kewajibannya untuk menerima.

“Ini kewajiban saya untuk menerima permintaan dari Presiden untuk bergabung dalam Dewan Pertimbangan Presiden ini. Tentu saya akan berusaha memenuhi harapan maupun tugas yang dibebankan dengan mengikuti tata cara maupun etika yang semestinya. Bahwa apabila ada gagasan-gagasan yang sungguh-sungguh strategis untuk negara, tentu harus secara langsung dengan mengikuti tatanan tertentu disampaikan kepada Presiden,” katanya. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER