close

Jokowi Janjikan Gaji Perangkat Desa Setara ASN Golongan IIA

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi menjajikan gaji perangkat desa seluruh Indonesia akan segera disetarakan dengan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan IIA.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menemui ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di stadion Istora Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (14/1).

“Sudah kita putuskan bahwa gaji perangkat desa segera disetarakan dengan golongan IIA, dengan mempertimbangkan masa kerja,” kata Jokowi yang langsung disambut riuh ribuan perangkat desa, di Istora Senayan, Jakarta, Senin (14/1).

Jokowi menyatakan keputusan tersebut telah dibicarakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin.


Baca juga: Gaji Perangkat Desa Minahasa Dibatasi Rp750 Ribu

Jokowi menyebut pemerintah saat ini tengah merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Ditunggu dua minggu sehingga segera bisa dilaksanakan dari perintah PP yang ada,” ujarnya.

Para kepala desa dan perangkat desa, kata Jokowi, selanjutnya juga akan dimasukkan dalam daftar peserta program jaminan BPJS Ketenagakerjaan.

“BPJS juga akan diberikan kepada seluruh kepala desa dan perangkat desa,” kata Jokowi yang kembali disambut riuh para perangkat desa.

Baca juga: Presiden Jokowi Janjikan Dana Operasional Desa 2019

“Jadi setelah kita bertemu di sini, bapak ibu tidak usah demo di depan Istana. Marilah kita kembali ke daerah masing masing agar selamat sampai tujuan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi didampingi sejumlah menteri, seperti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sebelumnya, ribuan perangkat desa memadati Istora Senayan Jakarta, Senin (14/1) pagi. Mereka menuntut Presiden Jokowi menuntaskan janji usai terpilih pada Pilpres 2014 silam.

Semula, para perangkat desa berencana menggelar aksi di depan Istana Negara. Namun, rencana itu urung dilakukan lantaran Jokowi ingin menemui mereka di Istora Senayan.

Alhasil, sejak pagi ratusan bus berjejer parkir di kompleks Gelora Bung Karno (GBK). Mengenakan seragam kebesaran pegawai negeri sipil (PNS), mereka berbondong-bondong berjalan menuju Istora Senayan dari pelataran parkir di tengah guyuran hujan kecil.

Beberapa di antara mereka membawa spanduk, membawa bendera PPDI wilayah masing-masing, juga mengenakan ikat kepala. Tua muda berbaur menjadi satu berharap kepastian nasib mereka.

Istora Senayan yang berkapasitas kurang lebih 7 ribu tempat duduk pun penuh sesak. Sementara, mereka yang tidak bisa masuk, menunggu di pelataran luar sekitar Istora Senayan. (SU05)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Puasa: Detoksifikasi Dalam Kehidupan Bergelimang Racun

Penelitian juga menunjukkan bahwa pada saat puasa kadar DDT didapatkan meningkat dalam feses, urin dan keringat mereka yang sedang berpuasa. Ini lah salah satu manfaat utama puasa dalam bidang kesehatan, detoksifikasi, purifikasi.

157 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Pasca Kericuhan 22 Mei, Polda Bali Laksanakan Razia Stasioner

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Bali melaksanakan...

Tiga Buruh Bangunan Jatuh ke Sungai, Satu Ditemukan Tewas

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID - Tiga buruh bangunan yang sedang memasang...

Polres Surakarta Selidiki Kasus Penganiayaan Yang Sebabkan Korban Tewas

SOLO, SERUJI.CO.ID - Polres Kota Surakarta masih melakukan menyelidikan...

MK Tetap Terima Kelengkapan Data Gugatan Pemilu Meski Libur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) tetap menerima data...

Polres Kapuas Bentuk Tim Dalami Kasus Keracunan Massal

KUALA KAPUAS, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Kapuas, Kalimantan Tengah,...

Polisi Masih Tutup Jalan di Depan KPU RI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Jalan Imam Bonjol mengarah Jalan HOS...

TERPOPULER

Viral: Video Prajurit TNI AD Cegah Polisi Keroyok Peserta Aksi 22 Mei

Diduga video tersebut terkait dengan peristiwa unjuk rasa 22 Mei yang berlangsung di Jakarta, namun tidak diketahui dimana lokasi video tersebut diambil.

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi