Hadiri KTT ASEM, Wapres Jusuf Kalla Bertolak ke Brussel

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melakukan kunjungan kerja ke Brussel, Belgia, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Pertemuan Asia-Eropa (KTT ASEM) ke-12 dan melakukan pertemuan bilateral dengan pemimpin negara asing.

Wapres Jusuf Kalla, Mufidah Kalla dan rombongan terbang ke Belgia pada Rabu (17/1) malam, dengan menggunakan pesawat komersial Garuda Indonesia dari Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju Bandara Internasional Schipol di Amsterdam, demikian keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis (18/10).

Dari Amsterdam, Wapres JK beserta rombongan menuju Belgia dengan menggunakan kereta Thalys dan dijadwalkan tiba di Brussel pada Kamis pukul 13.08 waktu setempat.

KTT ASEM ke-12 diselenggarakan selama dua hari, Jumat dan Sabtu (19/10), dengan mengambil tema “Eropa dan Asia: Mitra Global untuk Tantangan Global”.

Para pemimpin negara-negara Eropa dan Asia berupaya untuk memperkuat dialog dan kerja sama antara dua benua antara lain di bidang perdagangan, investasi, konektivitas pembangunan berkelanjutan, iklim, tantangan keamanan dan ketahanan negara.

Dalam KTT tersebut akan dibahas pula mengenai penanggulangan tantangan terorisme, non-proliferasi, keamanan siber, dan migrasi tidak teratur.

KTT ASEM ke-12 dihadiri oleh 51 kepala negara dari Asia dan Eropa, dan akan dipimpin oleh Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, serta dihadiri Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker.

KTT ASEM (Asia-Europe Meeting) merupakan forum kerja sama antarnegara di Benua Asia dan Eropa untuk membahas berbagai persoalan dan peningkatan kerja sama di bidang politik, ekonomi, pertahanan, pendidikan, dan lingkungan hidup.

ASEM didirikan 1996 sebagai forum dialog dan kerja sama antarnegara di Eropa dan Asia, yang bertujuan untuk memperkuat hubungan antara dua benua tersebut.

Selain menghadiri KTT ASEM ke-12, Wapres Kalla juga dijadwalkan bertemu dengan warga negara Indonesia di Belgia. Wapres dijadwalkan tiba kembali di Jakarta pada Ahad (21/10). (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bendera dan Krisis Kepemimpinan

Menurut vexillology, bendera bukan sekedar selembar kain biasa. Jika dia berkibar bebas di angkasa, bendera menginspirasikan semangat kepemimpinan tertentu yang sublim dan sulit dibayangkan oleh mereka yang jiwanya terjangkar oleh tanah di bumi.

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.