DPR Nilai Facebook Tidak Perlu Ditutup

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Anggota Komisi I DPR Bobby Rizaldi menilai penyelenggara sistem elektronik Facebook tidak perlu ditutup menyusul munculnya kasus kebocoran data satu juta penggunanya, namun pemerintah harus membuat regulasi pengawasan yang kuat.

“Penggunaan Facebook sudah menyentuh sendi perekonomian usaha mikro masyarakat di Indonesia sehingga tidak perlu ditutup,” kata Bobby dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi I DPR dengan manajemen Facebook di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (17/4).

Dia mengatakan tantangan masa kini harus diselesaikan dengan solusi masa kini sehingga menutup Facebook tanpa memiliki solusi hanya akan menimbulkan kegaduhan domestik yang tidak perlu.

Menurut Bobby yang juga politisi Partai Golkar itu, pemerintah Indonesia perlu secepatnya membuat regulasi komersialisasi dan infastruktur pengawasan platform media sosial yang lebih handal.

Baca juga: DPR Panggil Manajemen Facebook Terkait Kebocoran Data

“Jangan sampai ada hal khusus yang sudah melampaui batas-batas dan kedaulatan Indonesia misalnya soal pajak dan privasi data,” ujarnya.

Dalam RDPU tersebut, Kepala Kebijakan Publik Facebook untuk Indonesia, Ruben Hattari menjelaskan pada 2013 sebuah aplikasi “thisisyourdigitallife” dikembangkan peneliti bernama Dr Aleksandr Kogan yang tidak pernah bekerja untuk Facebook namun seorang akademisi di Cambridge University.

Dia mengatakan aplikasi Dr Kogan tersebut menggunakan fitur Facebook Login yang tersedia secara umum dan memungkinkan pengembang aplikasi pihak ketiga meminta persetujuan dari pengguna aplikasi Facebook.

“Kami mengetahui bahwa 748 orang di Indonesia telah memasang aplikasi ini selama tersedia di Facebook dari November 2013 saat aplikasi tersedia sampai dengan 17 Desember 2015 atau 0,25 persen dari total pemasangan aplikasi ini d iseluruh dunia,” katanya.

Ruben menjelaskan pihaknya menemukan tambahan sebanyak 1.095.918 orang di Indonesia yang berpotensi terkena dampak sebagai teman dari pengguna aplikasi.

Dia mengatakan akses aplikasi “thisisyourdigitallife” ke Facebook Login sudah dihentikan sejak 17 Desember 2015 sehingga pengguna Facebook termasuk di Indonesia tidak dapat mengakses aplikasi tersebut. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN

Setelah berhasil mengobok-obok dan mencaplok Jawa Pos, Goenawan Mohamad (GM) sekarang mengalihkan operasinya dengan mengobok-obok PAN (Partai Amanat Nasional).

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.