Zulkifli: Bangsa Indonesia Hadapi Tiga Tantangan Serius

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengingatkan bangsa Indonesia saat ini menghadapi tiga persoalan serius yang harus segera diselesaikan karena jika dibiarkan berkepanjangan dapat mengarah pada pembelahan masyarakat dan berpotensi menyebabkan kekacauan.

“Ketiga persoalan tersebut adalah kesenjangan ekonomi, kesenjangan politik, serta ketidakpercayaan sosial,” kata Zulkifli Hasan pada acara adat Majelis Tepuk Tepung Tawar di Balai Adat Melayu Riau, Pekanbaru, Sabtu (27/1).

Hadir pada acara tersebut antara lain Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Riau, para petinggi adat Melayu Riau, serta perwakilan masyarakat adat Riau.

Pada acara adat tersebut, Zulkifli Hasan sebagai salah satu pemimpin nasional mendapat kehormatan menjalani prosesi upacara adat Tepuk Tepung Tawar.

Menurut Zulkifli Hasan, setelah era reformasi dan dilakukan empat kali amandemen UUD 1945 ada banyak perubahan yang terjadi di tengah bangsa Indonesia, baik secara kelembagaan maupun nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Amandemen UUD 1945 menghapus GBHN (Garis Garis Besar Haluan Negara) serta kelembagaan dan pelajaran tentang Pancasila,” katanya.

Dia mencontohkan reformasi menghapus lembaga Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (BP7), mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP), serta pendidikan Pancasila lainnya.

Disadari atau tidak, menurut dia, kemudian terjadi pergeseran nilai-nilai moral di tengah masyarakat Indonesia, seperti masyarakat yang ramah dan gotong-royong menjadi masyarakat yang individual dan mudah emosi, masyarakat yang dulu merasa aib jika berselingkuh tapi saat ini biasa saja.

“Bahkan, masyakat saat ini tidak hanya selingkuh antara pria dan wanita, tapi selingkuh dengan sesama jenis,” katanya.

Menurut Zulkifli, dampak pergeseran nilai-nilai moral di tengah masyarakat yang berkepanjangan, menimbulkan tiga persoalan serius, yakni kesenjangan ekonomi, kesenjangan politik serta ketidakpercayaan sosial.

Zulkifli menegaskan ketiga persoalan tersebut jika tidak segera diatasi dapat mengarah pada pembelahan masyarakat dan terjadi situasi “chaos” atau kekecauan.

“Ketiga hal ini yang perlu menjadi pekerjaan rumah para pemimpin bangsa untuk segera menegatasinya,” katanya.

Dia menambahkan MPR RI mendapatkan tugas untuk melakukan sosialisasi nilai-nilai Pancasila yang diberi nama Sosialisasi Empat Pilar. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.