Wiranto Harapkan Penegakan Hukum Lebih Profesional dan Mandiri

0
65
Jendral TNI (purn) Wiranto, Menko Polhukam.

NUSA DUA, SERUJI.CO.ID – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto berharap penegakan hukum di Indonesia agar lebih profesional dan mandiri agar dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dengan kualitas unggul.

“Diskusi ini sangat penting untuk kehidupan hukum di Indonesia karena seperti diketahui Indonesia merupakan negara demokrasi dan negara hukum sehingga bisa menghasilkan kesepakatan bersama,” katanya setelah menjadi pembicara saat diskusi ‘Penyamaan Persepsi dalam Penegakan Hukum’ di Nusa Dua, Bali, Rabu (14/2).

Dalam diskusi yang dihadiri oleh Jaksa Agung, Ombudsman RI, MPR, perwakilan universitas negeri dan kejaksaan tinggi se-Indonesia, topik utama pembahasan terkait penyamaan persepsi dalam penegakan hukum di antra aparat penegak hukum.

Menurut Wiranto, diskusi yang ada diharapkan bisa memberi masukan terhadap penegakan hukum, sehingga nantinya bisa diolah atau dibahas di tingkat DPR dan pemerintah.

“Bila berbicara persaingan global yang diperlukan adalah pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat. Pertumbuham ekonomi bisa dikatakan berhasil apabila memiliki kondisi yang stabil. Kondisi stabil bisa tercipta apabila penegakan hukum itu kuat,” katanya.

Oleh karena itu, diskusi ini bertujuan untuk merekonstruksi kembali bagaimana penegakan hukum yang berkualitas.

“Dari situ nanti diharapkan ada masukan-masukan, yang nantinya akan dibahas pada tingkat DPR dan pemerintah,” ujarnya.

Wiranto mengaku belum membicarakan soal amandemen. Namun, hanya sebatas pemikiran yang konstruktif mengenai penegakan hukum.

“Kita tidak mengubah satu sistem, tetapi kita meningkatkan profesinalitas. Sistem itu ketentuannya undang-undang dan melalui kaidah-kaidah serta prosesnya panjang,” ujarnya.

Saat ini, Indonesia sedang menghadapi pilkada serentak, setelah itu pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...