Wapres: HMI Adalah Aset Nasional

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah aset nasional karena pendirinya, Lafran Pane, telah dianugerahi gelar pahlawan nasional.

“Kalau pendirinya menjadi pahlawan nasional, berarti yang didirikan adalah aset nasional, merupakan hal yang penting. Kalau pendirinya saja jadi pahlawan, masa iya yang didirikannya tidak penting. Jadi harus dijaga baik-baik, oleh KAHMI, apalagi HMI,” kata Wapres saat memberikan sambutan dalam pelantikan Pengurus Nasional KAHMI di Jakarta, Ahad (11/3).

Dengan pemberian gelar pahlawan kepada pendiri HMI, lanjut Wapres Kalla, maka organisasi mahasiswa Islam tersebut bisa dikatakan setara dengan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Wapres mengingatkan kepada seluruh anggota HMI untuk semakin dewasa dalam berorganisasi, tidak lagi mengedepankan emosi melainkan menjunjung tinggi intelektualitas.

“HMI ini jangan kalau rapat banting-banting kursi lagi. Marilah kita fokus pada bagaimana mencapai tujuan HMI itu, karena tanpa itu kita akan menjadi organisasi yang kurang bernilai,” ujarnya.

Pendiri HMI kelahiran Padang Sidempuan, Lafran Pane, dianugerahi gelar pahlawan oleh Presiden Jokowi pada 10 November 2017, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional.

Penghargaan tersebut diberikan atas dasar jejak perjuangan dan gagasannya dalam pergerakan pemuda Indonesia di masa kemerdekaan hingga mendirikan organisasi HMI.

HMI merupakan organisasi mahasiswa berlabel Islam pertama di Tanah Air yang bertujuan mempertahankan NKRI dengan menjunjung tinggi derajat rakyat Indonesia dan menegakkan ajaran Islam. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER