Wafatnya Probosutedjo, Warga Kemusuk Kehilangan Sosok Dermawan

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Warga Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, merasa kehilangan dengan berpulangnya Probosutedjo yang selama ini dipandang sebagai sosok yang ramah dan dermawan dengan warga setempat.

“Setiap ‘nyekar’ (ziarah) ke makam bapaknya, Pak Probo selalu membagi-bagikan uang kepada warga di sini,” kata Dukuh Kemusuk, Ngadiyo (50), saat ditemui di Kompleks Museum Soeharto, Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul, Senin (26/3).

Menurut Ngadiyo, setiap Bulan Ruwah atau menjelang Bulan Puasa adik mendiang Presiden RI kedua Soeharto itu selalu nyekar atau ziarah ke makam ayahandanya Atmopawiro di Makam Somenggalan yang berada di Dusun Kemusuk.

Probo, kata Ngadiyo, memiliki jasa besar dengan membangun Museum Jenderal Besar H.M Soeharto di Dusun Kemusuk. Selain itu, Probo juga membangun Kampus Mercu Buwana di Sedayu, Bantul.

Keberadaan museum serta kampus dinilainya mendatangkan berkah dan rezeki yang besar bagi warga setempat karena mereka dapat membuka indekos, warung makan, hinngga menjual aneka penganan serta cendera mata di kawasan itu.

“Jelas membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sini,” kata dia.

Sementara itu, warga Dusun Kemusuk, Budi (42) mengatakan selain membagi-bagikan uang, Probo kerap memberikan sembako kepada masyarakat setempat.

Budi menilai Probo cukup dekat dan tidak membuat jarak dengan warga Dusun Kemusuk. Probo kerap datang ke Dusun tersebut hampir dua kali dalam sebulan.

“Namun semenjak beliau sakit-sakitan sekitar lima bulan yang lalu, sudah tidak pernah kelihatan ke sini,” kata dia.

Probosutedjo meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta pada pukul 7.05 WIB pagi tadi dan Selanjutnya akan dibawa ke Yogyakarta pukul 15.30 WIB.

Jenazah Probo akan dimakamkan tepat disamping makam ayahandanya Atmopawiro di Kompleks Makam Somenggalan, Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul. (Ant/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER