Untuk Pertama Kalinya Muslim Mendapat Oscar

(images: courtesy to Instagram @mahershalaali)

HOLLYWOOD – Sejarah baru tercatat dalam penghargaan film Academy Award 2017. Mahershala Ali, aktor Muslim, memenangkan piala Oscar untuk katagori aktor pendukung terbaik dalam film Moonlight. Penghargaan diberikan di Hollywood pada Minggu (26/2) saat Presiden Donald Trump di Washington DC sedang memberlakukan politik pengetatan terhadap Muslim.

Menuju podium, Ali bercanda dengan mengancingkan jasnya dan berkata, “Nenekku mau aku tampil rapi.” Ia lantas berterima kasih pada guru-gurunya yang mengajarkan akting. Ia juga berterima kasih pada istrinya, Amatus Sami-Karim, yang melahirkan anak pertama mereka 22 Februari.

Menurut Time, Ali tertarik pada Islam saat Amatus belajar akting di Experimental Theatre Wing, New York University. Amatus, yang ingin masuk Islam, mengajak Ali mengunjungi masjid di Philadelphia. Di sana, Ali tiba-tiba menangis saat mendengar khotbah dan doa. “Aku tak mengerti mengapa menangis. Doa itu dalam bahasa Arab dan aku tak paham bahasa Arab sama sekali. Tapi aku terus menangis. Ini hal yang belum pernah aku alami sebelumnya,” kata Ali.

Terlahir dengan nama Mahershalalhashbaz Gilmore pada 16 Februari 1974, Ali memulai karirnya sebagai pemain regular serial televisi antara lain Crossing Jordan dan Threat Matrix. Kemudian, ia membuat terbosan besar saat memerankan Richard Tyler dalam serial fiksi ilmiah The 4400.

Film besar yang dibintanginya pertama adalah drama romantik fantasi The Curious Case of Benjamin Button pada 2008 garapan David Fincher. Lalu, ia memerani Predators, The Place Beyond the Pines, Free State of Jones, Hidden Figures dan sebagai Boggs dalam serial The Hunger Games. Ali juga dikenal dalam perannya di seri Netflix yakni House of Cards sebagai Remy Danton dan sebagai Cornell ‘Cottonmouth’ Stokes dalam Luke Cage.

Untuk perannya sebagai Juan sang mentor dan pengedar narkoba dalam Moonlight (2016), Ali mendapat penilaian universal dari para kritikus. Selain memenangi Oscar di Academy Award, ia sebelumnya mendapat SAG Award dan Critics’ Choice Award untuk katagori aktor pendukung terbaik. Ia juga dinominasikan untuk mendapatkan Golden Globe Award.

EDITOR: Omar Ballaz

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Membangun Kembali Budaya Bahari

Penjajah meninggalkan perangkat pelanggengan penjajahan melalui persekolahan. Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.