Unair Anugerahkan Gelar Dr. (HC) kepada Muhaimin Iskandar

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa (HC) bidang ilmu Sosiologi Politik kepada Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dalam acara pengukuhan gelar di Kampus Unair, Selasa (3/10).

Rektor Unair Surabaya, Muhammad Nasih, mengatakan, Muhaimin tercatat sebagai penerima gelar doktor honoris causa ke-5 di Unair.

“Selama 63 tahun berdiri, masih 5 orang yang diberi gelar doktor honoris causa,” katanya.

Karena itu, lanjut Nasih, nomor register Doktor Honoris Causa yang diterima mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu 005.

“Ini menunjukkan bahwa Unair tidak mudah memberikan gelar doktor honoris causa kepada seseorang,” ujarnya.

Empat gelar doktor honoris causa sebelumnya diberikan kepada mantan Menteri Luar Negeri Triono Wibowo, mantan Menteri Perekonomian Chaerul Tanjung, Gubernur Jatim Soekarwo, peraih nobel ekonomi 2003 Prof Robert Fry III.

Sementara itu, dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Mengelola Kebhinekaan Untuk Kemajuan Dan Kesejahteraan Bangsa”, Muhaimin mengatakan, multikulturalisme atau kebhinekaan tidak bisa tumbuh tanpa campur tangan semua elemen bangsa, seperti partai politik, negara, dan masyarakat.

Kebhinekaan, lanjut dia, harus dimaknai sebagai energi positif untuk memajukan dan mensejahterakan bangsa, bukan menjadi penghambat kemajuan bangsa.

“Karena itu, perlu sentuhan dunia pendidikan untuk mengelola kemajemukan bangsa sebagai anugerah dari Tuhan,” ucapnya.

Sehari sebelumnya, Muhaimin Iskandar usai memberi kuliah umum dihadapan BEM Unair di Surabaya, Senin (3/10) mengatakan, pemberian gelar itu merupakan suatu kehormatan dalam perjalanan kariernya. Dimulai menjadi aktivis yang terlibat di berbagai organisasi. Kemudian menjadi pelaku di legislatif selama 10 tahun, pelaku di eksekutif tujuh tahun, lalu kembali ke legislatif.

“Tentu perjalanan saya selama ini tidak menyangka mendapat apresiasi Unair, terutama para pengusul FISIP, diawali promotor Prof. Mustain dan Prof. Kacung Maridjan,” kata dia.

Dia mengungkapkan, bimbingan dan seluruh pendampingan selama proses ini sungguh membuat dirinya mendapat banyak ilmu. Terutama terakhir di FGD.

“Berjam-jam diadili secara teoritik, analisa dan data. Dan Alhamdulillah bisa berjalan dengan baik, dan terakhir mendapat respon yang sangat positif,” ujarnya.

Anugerah ini, lanjut dia, merupakan hadiah terbesar buat aktivitas perjuangan untuk menyatukan berbagai kekuatan yang ada di Indonesia, baik melalui legislatif dan eksekutif, melalui peran-peran politik yang dia emban.

“Dengan penghargaan ini tentu menjadi amanah kepada saya untuk melanjutkan amanah menjadi bagian kesatuan Unair dan perjuangan bangsa. Dan saya akan menjadi jembatan agar Unair semakin berperan untuk bangsa dan negara,” tuturnya. (SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Skyline Message

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER