close

Tingkatkan Produksi, PT Garam Akan Bangun Dua Pabrik di Gresik-Madura

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – PT Garam (Persero) berencana membangun dua pabrik pengolahan garam pada tahun 2018 dan 2019. Hal ini dilakukan guna meningkatkan nilai tambah garam yang dihasilkan lahan pegaraman miliknya.

“Kami berencana punya pabrik off farm yang mengolah dari garam bahan baku agar ada added value,” ujar Direktur Utama PT Garam, Budi Sasongko di sela acara HUT ke-72 perseroan di Surabaya, Kamis (2/11).

Perusahaan pelat merah itu menilai keberadaan pabrik penting untuk menunjang sektor hulu alias bahan baku yang kini dikuasainya. “Sehingga nantinya tidak seperti sekarang yang seolah-olah bersaing dengan petani garam,” tutur dia.

Pabrik pengolahan garam yang pertama akan dibangun di kawasan pabrik yang sudah berdiri, yakni di Segoromadu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Rencananya, revitalisasi dan pendirian unit pengolahan dimulai pada 2018 dengan kapasitas produksi mencapai 5 ton per jam. “Nilai investasinya sekitar Rp 14 miliar,” ujar Budi.


Sedangkan pabrik berikutnya dibangun pada tahun 2019 di Kecamatan Camplong, Kabupaten Sumenep. Perseroan berinvestasi sekitar Rp 63 miliar. Dengan kapasitas produksi 10 ton per jam, diharapkan pabrik kedua ini mampu menambah kontribusi garam sebesar 60 ribu ton setahun.

“Kalau digabung, paling tidak pada tahun 2020 produksi kami bertambah antara 100 -120 ribu ton per tahun,” kata dia.

Selain pembangunan pabrik pengolahan, pihaknya juga melakukan revitalisasi lahan pegaraman yang dimiliki. Budi mengatakan, ia sedang mempersiapkan revitalisasi lahan yang ada di Madura seluas 5.000 hektare. “Kami sedang mengkaji lahan yang layak dan secara korporasi merevitalisasi dengan skema B to B (Business-to-Business),” tuturnya.

Secara keseluruhan, PT Garam memiliki 4 lahan pegaraman basah di pulau Madura seluas 4.500 hektare. Perseroan juga mempunyai lahan pegaraman seluas 250 hektare di Bipolo, Kupang.

Di tengah cuaca yang tak menentu, tahun ini pihaknya menargetkan capaian produksi garam sebesar 225 ribu ton. “Sampai hari ini produksi sekitar 170 ribu ton dan sudah terjual 100 ribuan ton,” pungkasnya. (Amal/Hrn)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Waktu Pengambilan “Token” PPDB SMP di Denpasar Diperpanjang

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora)...

Legislator: Penerapan Sistem Zonasi PPDB Seharusnya Bertahap

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat...

Disdikbud Tingkatkan Pengawasan PPDB di Cianjur

CIANJUR, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Cianjur, Jawa...

Wagub Banten Minta Disdikbud Pastikan Tidak Ada Kendala Dalam PPDB 2019

SERANG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy meminta...

Minta Kasus Kivlan Zen Diselesaikan Secara Hukum, Begini Penjelasan Ryamizard

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menegaskan kasus hukum yang menimpa mantan Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen harus diselesaikan secara prosedur hukum.

Puji Ketua MK Anwar Usman, Sandiaga: Pernyataannya Sangat Menggetarkan Hati

Menurut Sandiaga apa yang disampaikan Anwar Usman dinilainya bijak dan sangat menggetarkan hati.

TERPOPULER