Tingkatkan Kualitas Media, KPK Gelar Bedah Jurnalistik Investigasi

MALANG, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama puluhan jurnalis dari berbagai media yang bertugas di wilayah Malang Raya membedah jurnalistik investigasi yang bersentuhan dengan pemberitaan yang berkaitan denagn korupsi.

Menurut Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di Malang, Jawa Timur, Kamis (5/10), mengakui dalam beberapa bulan terakhir ini publik di Malang Raya secara berkelanjutan disuguhi pemberitaan yang berkaitan dengan KPK, seperti pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat di Pemkot Malang terkait suap serta operasi tangkap tangan (OTT) di Pemkot Batu.

“Oleh karena itu, kami berupaya memberikan pemahaman, baik terkait proses maupun istilah-istilah hukum yang sering digunakan KPK. Jurnalis adalah mitra kami, karena itu kami ingin berbagi informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan KPK,” katanya saat memberikan sambutan dalam Lokakarya Jurnalis Antikorupsi di Malang, Jawa Timur.

Untuk memberikan pemahaman bagi puluhan jurnalis tersebut, KPK menghadirkan tiga pembicara, yakni Anggota Dewan Pers Imam Wahyudi, Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Arif Zulkifli, dan Penyidik KPK Budi Agung Nugroho.

Lebih lanjut, Priharsa mengatakan media massa atau jurnalis merupakan mitra strategis dengan KPK. Selain itu, media massa harus paham dan menyadari bahwa posisinya cukup strategis dalam membantu memberikan informasi kepada publik dan membentuk opini masyarakat.

Ia berharap kegiatan ini menambah wawasan dan informasi jurnalis tentang sejauh mana konteks penegakan hukum sesuai fakta yang ada.

“Mudah-mudahan setelah mengikuti lokakarya ini, jurnalis di Malang memahami setiap proses yang dilakukan KPK. Banyak hal yang bisa didiskusikan untuk saling berbagai dan menambah wawasan serta pengetahuan yang menunjang tugas-tugas seorang jurnalis,” ujarnya.

Lokakarya Jurnalis Antikorupsi tersebut, selain digelar di Malang juga digelar di Jambi, Lampung, dan Banjarmasin.

“Di Jambi sudah kami laksanakan dan hari ini (Kamis, 5/10) di Malang. Selanjutnya di Lampung dan akan ditutup di Banjarmasin,” ucapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Memaknai Indonesia

Anda ASN Yang Terpaksa Harus Bercerai? Simak Prosedur Yang Harus Dilalui

Anda seorang ASN dan sedang mengalami masalah rumah tangga yang berujung perceraian? Simak proses percerain ASN berikut, apa yang harus dilakukan dan kewajiban apa yang muncul.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER