Tingkatkan Kualitas Media, KPK Gelar Bedah Jurnalistik Investigasi

0
128
  • 9
    Shares
komisi pemberantasan korupsi
Gedung KPK

MALANG, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama puluhan jurnalis dari berbagai media yang bertugas di wilayah Malang Raya membedah jurnalistik investigasi yang bersentuhan dengan pemberitaan yang berkaitan denagn korupsi.

Menurut Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di Malang, Jawa Timur, Kamis (5/10), mengakui dalam beberapa bulan terakhir ini publik di Malang Raya secara berkelanjutan disuguhi pemberitaan yang berkaitan dengan KPK, seperti pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat di Pemkot Malang terkait suap serta operasi tangkap tangan (OTT) di Pemkot Batu.

“Oleh karena itu, kami berupaya memberikan pemahaman, baik terkait proses maupun istilah-istilah hukum yang sering digunakan KPK. Jurnalis adalah mitra kami, karena itu kami ingin berbagi informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan KPK,” katanya saat memberikan sambutan dalam Lokakarya Jurnalis Antikorupsi di Malang, Jawa Timur.

Untuk memberikan pemahaman bagi puluhan jurnalis tersebut, KPK menghadirkan tiga pembicara, yakni Anggota Dewan Pers Imam Wahyudi, Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Arif Zulkifli, dan Penyidik KPK Budi Agung Nugroho.

Lebih lanjut, Priharsa mengatakan media massa atau jurnalis merupakan mitra strategis dengan KPK. Selain itu, media massa harus paham dan menyadari bahwa posisinya cukup strategis dalam membantu memberikan informasi kepada publik dan membentuk opini masyarakat.

Ia berharap kegiatan ini menambah wawasan dan informasi jurnalis tentang sejauh mana konteks penegakan hukum sesuai fakta yang ada.

“Mudah-mudahan setelah mengikuti lokakarya ini, jurnalis di Malang memahami setiap proses yang dilakukan KPK. Banyak hal yang bisa didiskusikan untuk saling berbagai dan menambah wawasan serta pengetahuan yang menunjang tugas-tugas seorang jurnalis,” ujarnya.

Lokakarya Jurnalis Antikorupsi tersebut, selain digelar di Malang juga digelar di Jambi, Lampung, dan Banjarmasin.

“Di Jambi sudah kami laksanakan dan hari ini (Kamis, 5/10) di Malang. Selanjutnya di Lampung dan akan ditutup di Banjarmasin,” ucapnya.

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU