close

Tidak Ingin Kehilangan Kenangan Masa Lalu, Zohri Minta Bentuk Rumahnya Dipertahankan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Prestasi Lalu Muhammad Zohri yang menjuarai lomba lari 100 meter pria di kejuaraan atletik junior IAAF World U20 Championships di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7), mengundang kekaguman dan apresiasi dari berbagai kalangan.

Sejumlah pihak, mengapresiasi Zori dengan memberikan sejumlah hadiah, mulai dari uang hingga bantuan renovasi rumah tinggal Zohri yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Bantuan renovasi rumah ini diberikan sejumlah pihak, termasuk Presiden Jokowi yang memerintahkan Menteri PUPR untuk merenovasi tempat tinggal Zohri yang terletak di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, NTB.

Terkait keinginan sejumlah pihak untuk membantu merenovasi rumah pria yang juga yatim piatu ini, Zohri mengirimkan pesan pada keluarganya.


Zohri meminta agar rumah yang ia tempati sejak kecil itu, semasa orang tuanya masih hidup, agar direnovasi tanpa merubah bentuk aslinya.

“Kami sudah sepakat tak akan mengubah rumah peninggalan orang tua kami. Rumah ini memiliki sejarah yang tak akan terlupakan. Kami minta diperbaiki, dinding-dinding rumah yang lapuk diganti dengan papan-papan baru,” kata Fazilla, kakak sulung Zohri saat diwawancarai stasiun TV Nasional, Jumat (13/7).

Baca juga: Kapolres Lombok Utara Tawarkan Zohri Jadi Anggota Polri Lewat Jalur Khusus

Diungkapkan juga oleh Fazila, bahw rumah tersebut banyak menyimpan kenangan bagi Zohri saat menjalani masa-masa sulitnya.

“Kita sepakat, rumah ini tetap berdiri dengan bantuan renovasi, tanpa mengubah bentuk dan ukurannya,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah akan merenovasi rumah tersebut sesuai keinginan Zohri dan keluarganya. Selain itu, pemerintah akan membangunkan rumah baru untuk tempat tinggal Zohri.

“Kami sudah mulai mendesain renovasi rumah yang ada. Pihak keluarga Zohri tidak ingin dibangun baru, karena rumahnya tersebut memiliki banyak memori. Untuk renovasi rumah lama dan konstruksi rumah baru tidak lama, tidak sampai 6 bulan,” kata Basuki di Jakarta, Jumat (13/7).

Dari hasil pertemuan antara perwakilan Kementerian PUPR yang diwakili oleh Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga, dengan Bupati Lombok Utara H. Najmul Ahyar, serta keluarga Zohri yang diwakili dua orang kakak Zohri, telah diambil kesepatan bahwa renovasi rumah akan dilakukan TNI dan Polri.

Sementara untuk pembangunan rumah baru bagi Zohri akan dilakukan oleh Kementerian PUPR bersama-sama dengan Pemkab Lombok Utara.

Tanah untuk pembangunan rumah baru Zohri disediakan oleh Pemkab Lombok Utara dengan luas 500 meterpersegi, yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal Zohri saat ini. (ARif R/Hrn)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Puasa: Detoksifikasi Dalam Kehidupan Bergelimang Racun

Penelitian juga menunjukkan bahwa pada saat puasa kadar DDT didapatkan meningkat dalam feses, urin dan keringat mereka yang sedang berpuasa. Ini lah salah satu manfaat utama puasa dalam bidang kesehatan, detoksifikasi, purifikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Pasca Kericuhan 22 Mei, Polda Bali Laksanakan Razia Stasioner

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Bali melaksanakan...

Tiga Buruh Bangunan Jatuh ke Sungai, Satu Ditemukan Tewas

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID - Tiga buruh bangunan yang sedang memasang...

Polres Surakarta Selidiki Kasus Penganiayaan Yang Sebabkan Korban Tewas

SOLO, SERUJI.CO.ID - Polres Kota Surakarta masih melakukan menyelidikan...

MK Tetap Terima Kelengkapan Data Gugatan Pemilu Meski Libur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) tetap menerima data...

Polres Kapuas Bentuk Tim Dalami Kasus Keracunan Massal

KUALA KAPUAS, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Kapuas, Kalimantan Tengah,...

Polisi Masih Tutup Jalan di Depan KPU RI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Jalan Imam Bonjol mengarah Jalan HOS...

TERPOPULER

Viral: Video Prajurit TNI AD Cegah Polisi Keroyok Peserta Aksi 22 Mei

Diduga video tersebut terkait dengan peristiwa unjuk rasa 22 Mei yang berlangsung di Jakarta, namun tidak diketahui dimana lokasi video tersebut diambil.

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi